NEWS

Tips Mengajukan Kredit Mobil Bekas dan Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Tips Mengajukan Kredit Mobil Bekas dan Memilih Mobil Bekas Berkualitas Tips Mengajukan Kredit Mobil Bekas dan Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Kredit mobil bekas kini lebih mudah didapatkan dari perusahaan pembiayaan terpercaya. Perlu diketahui bahwa mobil merupakan salah satu alat transportasi yang mempermudah mobilitas Anda dari satu tempat ke tempat yang lain. Sayangnya, tidak semua orang bisa memiliki mobil baru lantaran harganya yang relatif cukup tinggi.

Meski demikian, Anda bisa menyiasatinya dengan melakukan pembelian jenis mobil bekas. Jika pembelian mobil bekas secara tunai dirasa masih membebankan, Anda bisa mengambil cara alternatif melalui kredit mobil bekas yang bisa dicicil setiap bulannya.

Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Bagi Anda yang ingin melakukan pembelian mobil bekas, ada baiknya untuk melakukan pembelian secara cermat dan teliti. Sikap berhati-hati dapat membantu Anda untuk mendapatkan mobil sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Berikut ini adalah tips melakukan pembelian mobil bekas yang bisa Anda terapkan :

  • Periksa Eksteriornya

Pemeriksaan body mobil dilakukan untuk mencari tahu apakah mobil dalam kondisi prima atau sebaliknya. Anda juga bisa mencari tahu apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan atau perbaikan sebelum dijual.

Pemeriksaan body mobil bisa dilakukan secara menyeluruh mulai dari pintu, kap mesin, hingga bagian kolong mobil.

  • Periksa Interiornya

Bukan hanya bagian luar saja yang perlu diperiksa, namun bagian dalam jangan sampai ketinggalan. Anda bisa mulai melakukan pemeriksaan komponen interior mulai dari sistem audio dan AC apakah masih berfungsi sebagaimana mestinya atau tidak.

Selain itu, dengan memperhatikan bagian bawah secara seksama, baik dari tampilan (apakah terdapat karat atau sisa endapan lumpur) maupun aromanya, Anda bisa mengetahui apakah mobil tersebut pernah terendam banjir.

  • Periksa Bagian Mesin

Pastikan jika mobil bekas yang dibeli mudah distarter dan tidak mengeluarkan suara mesin yang kasar. Pastikan juga jika mobil tersebut tidak terdapat kebocoran, seperti tetesan oli. Anda bisa melakukan test drive untuk tahu bagaimana kondisi mesin dan tingkat kenyamanan mobilnya secara langsung.

  • Kelengkapan Dokumen Mobil

Jangan tergiur dengan harga yang murah, namun dokumen kepemilikan mobilnya tidak lengkap. Meminta kelengkapan surat mobil menjauhkan Anda dari hal yang diinginkan kedepannya. Beberapa dokumen mobil antara lain adalah STNK, BPKB, hingga faktur. Pastikan nomor rangka dan nomor mesin sesuai dengan dokumen yang diberikan.

  • Minta Bantuan Ahli

Saat membeli mobil bekas, Anda juga bisa meminta bantuan mekanik untuk melakukan pemeriksaan. Mereka yang sudah ahli tentu tahu mana mobil yang masih bagus dan layak pakai sebagaimana mestinya. Dengan keberadaan mekanik, Anda juga bisa tahu apakah ada kondisi mobil yang terlewat atau tidak.

Selain tips di atas, tips lain yang bisa diterapkan adalah dengan menyesuaikan pembelian mobil dengan budget yang dimiliki. Pastikan Anda mendapatkan jenis mobil sesuai harga yang Anda bayarkan.

Tips Mengajukan Kredit Mobil Bekas

Beberapa jenis mobil memiliki harga yang masih tinggi, meski bekas sekalipun. Hal ini bisa disebabkan beberapa alasan, seperti halnya kondisi mobil yang masih bagus dan fitur yang lengkap. Belum lagi jika mobil tersebut merupakan jenis mobil keluaran atau rakitan terbaru.

Jika dana simpanan yang belum mencukupi menjadi salah satu masalah untuk mengadopsi mobil bekas tersebut, maka tidak ada salahnya untuk mengambil kredit mobil bekas. Dalam hal ini, pastikan untuk mengetahui berapa jumlah DP yang harus dipersiapkan, tenor dan besarnya cicilan, yang bisa Anda dapatkan dengan mengakses simulasi kredit mobil bekas, serta syarat-syarat kredit yang harus dilengkapi.

Namun, sebelumnya pilih perusahaan pembiayaan di mana Anda bisa mengajukan kredit mobil bekas dengan aman. Syaratnya adalah pengajuan dilakukan di perusahaan pembiayaan yang terpercaya, yang setidaknya terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jangan hanya tergiur DP rendah dan bunga ringan ketika mengajukan kredit mobil. Kredibilitas yang diberikan oleh perusahaan pembiayaan tersebut patut menjadi patokan utama dalam mengambil keputusan.

Bagi Anda yang ingin melakukan pembelian secara kredit untuk mobil bekas ataupun yang baru, bisa mengunjungi MUF Online Autoshow. Anda juga bisa memilih beragam mobil bekas berkualitas dengan berbagai benefit tanpa harus meninggalkan rumah.

Sebelum mengajukan kredit, pastikan untuk memahami berbagai istilah dalam kredit mobil. Hal ini dilakukan untuk memperlancar proses kredit, hingga menghindari miskomunikasi saat proses kredit dilakukan.

< Kembali