NEWS

Toyota All New Avanza vs Daihatsu All New Xenia, Lebih Baik Mana?

Toyota All New Avanza vs Daihatsu All New Xenia, Lebih Baik Mana? Toyota All New Avanza vs Daihatsu All New Xenia, Lebih Baik Mana?

Masing-masing dari dua brand paling populer di kelas MPV telah mengeluarkan generasi terbarunya. Mereka adalah Toyota All New Avanza dan Daihatsu All New Xenia. Tentunya Anda penasaran antara Toyota All New Avanza vs Daihatsu All New Xenia, mana yang lebih baik?

Dulu, orang masih bisa menyebut kedua MPV ini sebagai kembaran yang mengenakan baju berbeda. Namun, generasi terbaru Toyota Avanza vs Daihatsu Xenia menawarkan perbedaan cukup nyata, terutama dari segi desain dan fitur.

Bagaimana komparasi Xenia vs Avanza 2021 dari segi spesifikasi, desain, dan fitur?

Simak ulasannya sampai akhir.

Spesifikasi Mesin

Berasal dari grup yang sama di segmen market yang sama pula, wajar bila jantung pacu kedua MPV ini sama.

Baik Avanza maupun Xenia menggunakan 2 tipe mesin, yaitu: 1NR-VE dengan kapasitas 1.3L dan 2NR-VE berkapasitas 1.5L.

Setiap tipenya sudah menggunakan teknologi dual VVT-i dan sistem bahan bakar electronic fuel injection. Namun, Avanza tidak memiliki versi transmisi otomatis pada tipe mesin 1.3L. Versi CVT hanya ada di tipe 1.5L pada Avanza.

Di sisi lain, Xenia sudah menggunakan transmisi CVT pada semua tipe mesinnya. Ini tentu memberikan nilai tambah bagi Daihatsu New Xenia 2021.

Spesifikasi

Tipe 1.3R

Tipe 1.5R

Seri Mesin

1NR-VE

2NR-VE

Tipe Mesin

4 silinder, 16 katup, DOHC, dual VVT-i

4 silinder, 16 katup, DOHC, dual VVT-i

Isi Silinder

1.329 cc

1.496 cc

Daya Maksimum

98 PS/6.000 rpm

106 PS/6.000 rpm;

Torsi Maksimum

12,4 kgm/4.200 rpm

14 kgm/4.200 rpm

Sistem Bahan Bakar

Direct injection

Direct Injection

Performa

Karena mengandalkan mesin dengan spesifikasi dan transmisi yang serupa, performa keduanya pun tak jauh beda.

Baik Avanza maupun Xenia mampu menempuh jarak 15-18 km/liter pada rute campuran. Meskipun sama, angka ini lebih baik dari generasi sebelumnya yang hanya mampu mencapai 11-13 km/liter.

Performa

New Avanza 2021

New Xenia 2021

Konsumsi BBM (rute gabungan)

15-18 km/liter

15-18 km/liter

Kapasitas tangki

43 liter

43 liter

Ini artinya, dengan tangki penuh, Anda dapat melakukan perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta sejauh 550 km tanpa harus isi ulang.

Tentunya, ada hal lain juga juga mempengaruhi konsumsi BBM seperti tingkat kemacetan, kondisi jalan, dan teknik berkendara.

Dimensi

Selain spesifikasi, dimensi juga salah satu faktor yang memiliki sangat sedikit, bahkan hampir tidak ada perbedaan.

Satu-satunya perbedaan adalah pada tinggi New Avanza dan New Xenia versi mesin 1.3L. Xenia sedikit lebih tinggi dengan 1.690 mm vs 1.665.

Dimensi

New Xenia 2021

New Avanza 2021

Panjang (mm)

4.395

4.395

Lebar (mm)

1.730

1.730

Tinggi (mm)

1.690 - 1.700

1.665 - 1.700

Ground Clearance (mm)

195 - 205

195 - 205

Jarak Poros Roda (mm)

2.750

2.750

Perbedaan ini cukup penting mengingat Xenia menyematkan double blower di interior bagian atas. Pilihan ini memberikan kesan ruang kabin yang lebih luas dan tampilan yang modern.

Desain Eksterior

Perbedaan Xenia vs Avanza 2021 paling nyata berawal dari sisi eksterior.

Di bagian depan, New Avanza mengandalkan desain bumper yang lebar dengan muka yang tinggi. Logo Toyota pada grill dan foglamp yang tinggi juga memperkuat kesan garang dari MPV ini.

Sementara itu, Daihatsu lebih memilih untuk memberikan kesan sporty pada New Xenia. Fasad depan trapezoid tampak terbelah oleh metal line yang tegas. Sedangkan antar headlamp yang full LED, melintang aksen merah yang manis.

Aksen tersebut berlanjut di sisi samping bagian bawah, sedangkan di bagian atas, desain jendela yang meruncing memperkuat kesan sporty yang dinamis.

Kedua MPV ini telah menyematkan auto retractable mirror di sisi samping. Begitu juga di bagian roda, kedua mobil menggunakan masing-masing alloy 15” dan 16” untuk versi mesin 1.3L dan 1.5L berturut-turut.

Tampilan belakang tak terlalu ada perbedaan. Desain combination rear lamp, shark fin antenna hingga peletakan logo tidak berbeda. Kecuali, plat brand dan versi mesin yang posisinya bertukar kiri dan kanan.

Secara keseluruhan, tampilan eksterior dari New Avanza memberikan sedikit kesan SUV yang gagah. Sedangkan New Xenia menampilkan kesan sporty yang trendi.

Desain Interior

Sama-sama memiliki jarak poros 2.750 mm, baik New Avanza maupun New Xenia menyediakan ruang kabin yang luas untuk 7 penumpang.

Sekilas, interior Avanza tampak lebih mewah dengan aksen wooden dari dari dashboard, dan new leather premium. Sedangkan Xenia tampak lebih sporty dengan silver list dan aksen merah di segala sisi, serta desain jok yang ergonomis.

Bagian dasbor tampak futuristik dan canggih dengan floating unit 7” dan 9” sesuai versi.

Hanya saja New Avanza sedikit lebih unggul dengan telah memasang kemudi dengan fitur tilt steering dan telescopic. Sedangkan Xenia hanya menyediakan fitur tilt steering saja untuk memanjakan pengemudi.

Selain itu, head unit pada versi mesin 1.5L CVT TSS pada Avanza mampu terkoneksi dengan mTOYOTA. Sedangkan Xenia belum mengadopsi teknologi yang serupa.

Untuk utilitas penumpang, kedua MPV ini menyediakan storage dan luggage yang mumpuni. Jika terasa kurang, Anda bisa melipat jok kedua untuk mendapatkan ruang yang lebih lapang.

Fitur Keamanan

Untuk safety, fitur New Avanza 2021 maupun New Xenia sudah cukup mumpuni dengan berbagai fitur keamanan.

Pada varian tertinggi, Toyota memasang TSS (Toyota Safety Sense) di New Avanza, sedangkan Daihatsu memiliki Advance Safety Assist di New Xenia. Keduanya merupakan paket fitur keamanan dengan fitur-fitur yang mirip.

 

TSS Avanza

ASA Xenia

Pre-Collision System

Front Departure Alert

Pedal misoperation Control

Lane Departure Assist

Rear Crossing Traffic Alert

Blind Spot Monitoring

Collision Warning

Vehicle Departure Warning

Pedal Misoperation Control

Lane Departure Warning

Lane Departure Prevention

Hill Start Assist

Meski demikian, Xenia perlu mengakui keunggulan Avanza yang telah memasang 6 SRS Airbag dan 7P warning seat belt. Sedangkan Xenia hanya menggunakan double SRS airbag, tapi memiliki fitur immobilizer dan alarm yang sudah built in.

Harga Toyota All New Avanza vs Daihatsu All New Xenia

Dari hasil perbandingan Toyota New Avanza vs Daihatsu New Xenia di atas, tampak masing-masing memiliki kelebihan.

Toyota Avanza 2021 menawarkan tampilan yang gagah dengan fitur yang canggih. Sedangkan New Xenia 2021 memberikan tampilan yang sporty dengan kenyamanan yang optimal.

Sebagai Low MPV yang menyasar ceruk pasar yang berbeda, harga Daihatsu New Xenia 2021 mulai dari Rp 190 juta-an. Sedangkan harga Toyota New Avanza 2021 sedikit lebih tinggi, mulai dari Rp 206 juta-an.

Yang manapun yang Anda pilih, pastikan memesannya melalui MUF Online Auto Show (MOAS) untuk mendapatkan penawaran terbaik. Dapatkan bunga mulai hanya 2,3% dan gratis layanan darurat 24 jam selama 1 tahun jika Anda memesan sekarang.

Jadi, antara Toyota All New Avanza vs Daihatsu All New Xenia, mana yang lebih baik? Tentu saja jawabannya tergantung dengan selera Anda.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil Toyota dan kredit mobil Daihatsu lainnya yang disajikan MOAS.

< Kembali