NEWS

Toyota All New Yaris Cross HEV: SUV Hybrid Lokal yang Andal

Toyota All New Yaris Cross HEV: SUV Hybrid Lokal yang Andal Toyota All New Yaris Cross HEV: SUV Hybrid Lokal yang Andal

Toyota All New Yaris Cross HEV siap merebut pasar small SUV dengan mesin hybrid andalannya. Terlebih, mobil ini memiliki kandungan komponen dalam negeri (TKDN) 80% sehingga layak disebut sebagai SUV hybrid lokal pertama.

Selain mesin hybrid, keistimewaan apa saja yang Toyota tawarkan pada SUV ini bagi penggunanya?

Artikel ini akan mengulas spesifikasi, performa, desain, dan fitur dari New Yaris Cross Hybrid 2023.

Adapun untuk review Yaris Cross varian non-hybrid, bisa Anda lihat di artikel kami lainnya: Toyota All New Yaris Cross. 

Spesifikasi

Spesifikasi New Yaris Cross HEV menggunakan kombinasi mesin bensin 1.5L berkekuatan 67 kW dan motor listrik berkekuatan 59 kW.

Toyota All New Yaris Cross HEV memiliki 6 varian. Walau begitu, spesifikasi mesinnya sama: 2NR-VE 1,5L, 4 silinder inline, 16 katup, DOHC, dan VVT-i, serta motor listrik 59 kW dengan baterai Li-ion 0,7 kWh.

Fiturnya pun serupa, hanya pilihan warna (premium) dan style (GR) saja yang berbeda.

Spesifikasi tersebut mampu memberikan daya maksimal hingga 109 tenaga kuda, jika kedua motor aktif bersamaan. Sedikit lebih kuat dari versi non-hybrid yang mampu mengeluarkan daya maksimal 108 hp.

Spesifikasi

Mesin Bensin

Motor Listrik

Tipe Mesin

DOHC, 4 silinder inline, 16 katup, serta Dual VVT-i

AC Synchronous Electric Generator

Kubikasi/kapasitas baterai

1.496 cc

0,7 kWh

Daya Maksimum

67 kW/5.500 rpm

59 kW

Torsi Maksimum

 121 Nm/4.000-4.800 rpm

141 Nm

Performa

New Yaris Cross HEV memberikan akselerasi yang mengagumkan dan pengendalian yang menyenangkan untuk area urban maupun perbukitan.

Tenaga langsung mengalir instan begitu Anda menginjak pedal untuk akselerasi. Terlebih, jika Anda menggunakan mode POWER.

Kecepatan 100 km/jam dapat tercapai hanya dalam 11 detik, selisih sekitar 1,5 detik dengan versi non-hybrid.

Ditambah lagi, konsumsi BBM Yaris Cross Hybrid ini tergolong sangat hemat. Bisa tembus hingga 17 km/liter, bahkan hampir 30 km/liter dengan gaya berkendara yang kasual.

Rigiditas kemudi tergolong medium, sedangkan suspensi terasa lembut saat memapas polisi tidur di jalanan perkotaan.

Eksterior

Desain eksterior Yaris Cross Hybrid serupa dengan varian S non-hybrid, sama-sama menyanjung jiwa petualang aktif dengan gaya urban.

All New Yaris Cross HEV

Fasad depan mengandalkan grill trapezoid dan kisi angin heksagonal dengan garis horizontal yang membelah jadi bagian atas dan bawah. LED headlamp berkesan dinamis dengan fitur Follow Me Home seperti pada varian S tipe bensin.


Di samping atas, spion auto retractable dengan ikon blind spot monitor dan rail roof yang kokoh. Ke bawah, ada velg alloy 18” yang memberikan ground clearance 210 mm.

Dimensi

New Yaris Cross

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.310x 1.770 x 1.746

Ground Clearance (mm)

210

Jarak Poros Roda (mm)

2.620

Fasad belakang juga terlihat berkelas dengan bumper kokoh, rear combination LED lamp yang atraktif, dan fitur power back door elektrik dengan sensor kaki.

Interior

Desain interior Yaris S Cross Hybrid memberikan kenyamanan prima dalam berkendara, terutama varian GR yang terasa mewah dan berkelas.

Bagian dasbor terasa canggih dengan head unit 10,1, dash cam, serta TFT MID yang informatif. Informasi mode berkendara ECO, NORM, dan PWR bisa Anda lihat di sini.


Kemudi tilt & telescopic dengan switch button, dan dynamic paddle shift. Jok juga berfitur electric adjuster. Keduanya makin terasa mewah pada varian GR dengan balutan deluxe leather dan emblem GR yang eksklusif.

Fitur lainnya yang eksklusif untuk varian ini yaitu wireless charging dan ambient illumination light dengan perintah suara. Ini tidak Anda dapati bahkan di varian S Yaris Cross.

Selain itu, yang faktor pembeda lain pada varian ini adalah adanya panoramic sunroof. Ini semakin membuat pengalaman penjelajahan Anda lebih menyenangkan.

Fitur Keselamatan

New Yaris Cross HEV memiliki safety features lengkap, dari fitur aktif dan pasif standar, hingga Toyota Safety Sense yang canggih.

Fitur standar seperti ABS+BA+EBD, kontrol stabilitas, hill assist, hingga blind spot monitor sudah tersedia di mobil ini. Begitu juga pelindung kantong udara 6 sisi yang jadi andalan utama saat terjadi benturan.

Agar makin nyaman dan aman, fitur TSS memberikan Anda pengawasan dan kontrol kendaraan yang lebih baik untuk mencegah kecelakaan. Fiturnya termasuk:

  1. Adaptive Cruise Control
  2. Lane Keeping Control
  3. Lane Departure Warning,
  4. Front Departure Alert
  5. Pre Collision Warning & Braking, dan
  6. Automatic High Beam
  7. Panoramic view monitor

Harga

Harga New Yaris Cross HEV mulai dari Rp440 jutaan paling rendah hingga Rp450 jutaan paling tinggi. Rentangnya tidak begitu jauh karena hanya berbeda varian warna premium dan tipe GR saja. Adapun spesifikasi dan fiturnya sama.

Dapatkan berbagai promo dan bonus serta skema spesial jika Anda membeli Toyota All New Yaris Cross HEV melalui kami. Hubungi layanan pelanggan kami untuk menjadwalkan test drive dan mendapatkan info lebih jauh.

< Kembali