NEWS

Toyota New Fortuner GR Sport vs Mitsubishi New Pajero Sport

Toyota New Fortuner GR Sport vs Mitsubishi New Pajero Sport Toyota New Fortuner GR Sport vs Mitsubishi New Pajero Sport

Duel Toyota New Fortuner GR Sport vs Mitsubishi New Pajero Sport tak hanya soal performa, tapi juga prestige dan kenyamanan. Pasalnya, masing-masing mobil dari Toyota dan Mitsubishi merupakan sebagian dari yang terbaik di kelas SUV medium.

Terlebih saat ini Fortuner GR Sport menggunakan mesin 2.8L yang tentunya lebih buas. Lantas, mana yang lebih unggul antara Fortuner GR Sport 2022 vs Pajero Sport 2022?

Review komparasi berikut akan membandingkan kedua SUV terbaik di kelasnya ini dari sisi:

  • Spesifikasi dan performa,
  • Desain eksterior dan interior
  • Fitur kenyamanan dan keamanan, serta
  • Rekomendasi pembelian.

Simak ulasannya sampai akhir.

Spesifikasi Mesin

Spesifikasi Toyota Fortuner GR Sport menggunakan mesin terbaru berkubikasi 2.8L dengan 4 silinder inline, 4 katup, DOHC. Mesinnya sudah mengadopsi teknologi turbo variable nozzle (VNT) dengan intercooler yang membuat SUV ini makin irit dan bertenaga.

Di sisi lain, Pajero Sport memiliki varian mesin 2.442 MIVEC Turbocharged dan Common Rail Turbocharged 2.477 cc. Seperti namanya, Pajero Sport juga sudah mengadopsi teknologi turbo dan intercooler sehingga performanya pun tak kalah mantap.

Akan tetapi, dari sini terlihat GR Sport memiliki tenaga lebih besar. Daya dan torsi maksimalnya mencapai 203 PS dan 499 Nm. Dengan selisih mesin 400cc, Pajero Sport hanya memiliki daya dan torsi maksimal sebesar 181 PS & 430 Nm.

Spesifikasi

Fortuner GR Sport

Pajero Sport

Jenis Mesin

1GD FTV

4N15 MIVEC/4D56 Common Rail

Tipe Mesin

In-Line 4 Cylinders, 4 Valve, DOHC, VNT Intercooler

VGT Turbocharger, Intercooler

Isi Silinder (cc)

2.755

2.442/2.477

Daya Maksimum (PS/rpm)

203/3000

181/3500

Torsi Maksimum (Kgm/rpm)

50/1600

43/2500

Performa

Di atas kertas, tentu performa GR Sport bakal mengungguli Pajero Sport. Pertanyaannya adalah, seberapa jauh?

Dalam pengujian, Pajero Sport tak tertinggal cukup jauh. Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari posisi 0, GR Sport butuh 10,2 detik, sementara Pajero Sport butuh 11 detik tepat.

Di sisi lain, konsumsi BBM keduanya juga tak berbeda terlalu jauh.

Pajero yang memiliki kubikasi mesin lebih kecil unggul pada pemakaian dalam kota dengan mencatatkan 12,1 : 11,9 km/liter. Sementara itu, Fortuner dengan mesin lebih besar unggul pada pemakaian luar kota dengan angka 14,7 : 14,5.

Meski demikian, untuk kelas SUV tentu konsumsi BBM tidak terlalu penting. Terlebih selisihnya pun tidak begitu signifikan.

Performa

Fortuner GR Sport

Pajero Sport

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

10,2

11

Konsumsi BBM dalam kota (km/liter)

11,9

12,1

Konsumsi BBM luar kota (km/liter)

14,7

14,5

Kapasitas tangki (liter)

80

68

Untuk pengendalian, sudah pasti kedua SUV ini sangat memuaskan.

FR Sport memiliki mode ECO dan Power Mode yang disesuaikan dengan kebutuhan. Sementara itu Pajero Sport punya offroad mode dengan 4 opsi terrain: gravel, mud, sand, dan rock.

Tak hanya itu, fitur khas SUV seperti stability dan traction control pun sudah tersedia yang makin membuat Anda lebih mantap dalam mengemudi.

Desain Eksterior

Turun di kelas SUV medium, kegagahan desain Fortuner GR Sport dan Pajero Sport jelas sudah terkenal. Meski demikian, keduanya memiliki konsep desain yang agak berbeda.

Fasad depan GR Sport tampil lebih bold dengan desain grille trapezoid yang tinggi dan headlamp yang menyipit.

Sementara itu, Pajero Sport lebih memilih tampil sporty dengan kisi angin lebih tinggi dan grille beraksen dynamic shield khas Mitsubishi.

Di sisi samping, body bongsor kedua SUV terlihat menonjol dengan moulding yang tegas. Terlebih dengan desain velg 18 inch yang sama-sama unik dan mengesankan.

Untuk eksterior belakang, kedua mobil sama-sama menampilkan desain yang impresif. Namun, Pajero Sport terlihat lebih unik dengan desain rear window dan combination lamp yang unik dan atraktif.

Eksterior Fortuner GR Sport dan Pajero Sport sama-sama mengesankan kegagahan dan ketangguhan.

Desain Interior

Memiliki dimensi yang tak berbeda jauh, kedua mobil memiliki kabin yang cukup luas. Baik leg room, head room, maupun bagasi terasa lapang dengan ukuran tersebut.

Dimensi

Fortuner GR Sport

Pajero Sport

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.795 x 1.855 x 1.835

4.825 x 1.815 x 1.835

Ground Clearance (mm)

230

218

Jarak Poros Roda (mm)

2.745

2.800

Sebagai varian tertinggi, GR Sport tentu memiliki kemewahan di sisi interior. Dasbor yang sporty, head unit 9 inch dengan multimedia dan T-inTouch connectivity, kemudi dan jok berlapis leather terasa elegan sekaligus sporty.

Belum lagi fitur-fitur yang membuat nyaman seperti wireless charger, dual zone AC, jok dengan electric adjuster, hingga LCD entertainment 9” untuk penumpang belakang. Tentu hal ini sangat memanjakan pengguna.

Meski demikian, Pajero Sport pun tak kalah mewah dan nyaman. Bisa dibilang semua yang ada di Fortuner GR Sport memiliki padanan kemewahan yang sama di Pajero Sport.

Dasbornya terlihat lebih mewah dengan balutan soft pad material. Namun, head unit Pajero Sport hanya 8”. Selain itu, tak ada fitur electric adjuster dan wireless charger yang terlihat.

Meski demikian, Pajero Sport memiliki sunroof yang banyak dicari di tipe mobil SUV. Meski hanya ada di varian tertinggi (Dakar Ultimate), tapi ini tak ada di Fortuner GR Sport.

Fitur Keamanan

Sebagai SUV medium varian tertinggi dari jenisnya, Toyota Fortuner GR Sport maupun Pajero Sport sudah sudah dilengkapi dengan fitur keamanan canggih.

Fitur standar modern seperti electronic brake control (ABS+EBD+BA) dan hill assist sudah pasti tersedia. Begitu juga fitur tambahan seperti stability & hill control.

Selain itu, keduanya pun memiliki 7-SRS airbag yang melindungi seluruh penumpang.

Sayangnya, Toyota masih belum menyematkan fitur Toyota Safety Sense pada SUV ladder frame andalannya ini. Adapun Pajero Sport sudah memiliki fitur advance safety seperti lane assist dan collision warning (blind spot warning & rear cross traffic alert).

Harga

Harga Toyota Fortuner GR Sport 2022 berada di kisaran Rp600-700 juta-an sesuai tipe. Kurang lebih setara dengan harga New Pajero Sport 2022 yang berada di kisaran Rp560 - Rp720 juta tergantung tipe.

Lalu, Fortuner vs Pajero Sport 2022 lebih bagus mana?

Dari perbandingan Pajero dan Fortuner 2022 di atas, tampak bahwa Fortuner GR Sport lebih mengejar performa dan power mesin. Sementara itu, Pajero Sport lebih moderat dengan menawarkan tambahan fitur safety advanced.

Jadi, tergantung selera dan seberapa berani Anda memacu adrenalin. Karena dari sisi luxury dan comfortability, keduanya relatif setara, maka pilihan tergantung seberapa berani Anda memacu adrenalin.

Manapun antara Toyota New Fortuner GR Sport vs Mitsubishi New Pajero Sport, pastikan untuk menghubungi MUF Online Auto Show (MOAS) di WA 0821-1182-4010. Tersedia promo menarik dengan instant approval yang pasti memberikan benefit untuk Anda.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil Toyota dan kredit mobil Mitsubishi yang disajikan MOAS.

< Kembali