NEWS

Vespa Elettrica: Skuter Bersih, Smart, Keren, dan Sustainable

Vespa Elettrica: Skuter Bersih, Smart, Keren, dan Sustainable Vespa Elettrica: Skuter Bersih, Smart, Keren, dan Sustainable

Vespa Elettrica akhirnya hadir di Indonesia. Sebagai skuter elektrik pertama dari Vespa, motor ini sebenarnya sudah dipasarkan sejak lama di Eropa dan Amerika.

Mengusung slogan “I am the Power”, Vespa Elettrica menonjolkan gaya hidup yang bersih dan berkelanjutan dengan kendaraan yang cerdas dan keren.

Pabrikan asal Italia ini mengklaim bahwa mobilitas elektrik tak akan pernah sama lagi dengan kehadiran motor ini? Seperti apa keistimewaannya?

Mari kita beda dari sisi spesifikasi, performa, desain, dan fiturnya.

Spesifikasi

Spesifikasi Vespa Elettrica menggunakan mesin khusus yang dikembangkan sendiri oleh Piaggio Group.

Mesin ini memiliki daya maksimal hanya 4 kW, yang mana tergolong kecil untuk ukuran sepeda motor zaman sekarang. Sebagai perbandingan, motor 110cc saat ini rerata memiliki daya maksimal 6-7 kW.

Akan tetapi, skuter elektrik ini memiliki torsi yang buas, mencapai 200 Nm (pada rodanya). Ini jauh mengungguli motor mana pun di ukuran 500 cc ke bawah.

Untuk mendukung mesin tersebut, Vespa menyematkan baterai berkapasitas 8Ah/4,2 kWh. Dengan kapasitas tersebut, Anda bisa menempuh sampai 70-100 km dalam sekali pengisian penuh.

Pengisiannya pun tidak lama, time charging Vespa Elettrica hanya butuh sekitar 4 jam dengan tegangan rumah. Selain itu, Vespa juga mengklaim bahwa kapasitas baterai setelah 1.000 kali pengisian (siklus), tidak kurang dari 80% kapasitas awal.

 

Spesifikasi

Vespa Elettrica

Mesin

Piaggio Group

Daya maksimal

4 kW

Torsi maksimal

200 Nm

Kapasitas baterai

86 Ah

Charging time

4 jam (0-100%, tegangan rumah)

 

Ada 2 mode berkendara yang tersedia, yaitu Eco dan Power. Menggunakan mode Eco bisa memperpanjang jarak tempuh Vespa Elettrica hingga 100 km. Tapi, kalau pakai mode Power, maksimal hanya sekitar 70 km saja.

Performa

Performa Vespa Elettrica lebih cocok untuk penggunaan yang bersifat stop and go, terutama di wilayah perkotaan.

Karakter mesin Elettrica yang memiliki torsi buas dan daya terbatas membuatnya cocok untuk lingkungan perkotaan. Kecepatan maksimum memang kurang memuaskan, tapi sangat lincah dan gesit di jalanan.

Top speed Vespa Elettrica ini terbatas sampai 40 km/jam di mode Eco dan 70 km/jam di mode Power. Wajar saja mengingat daya maksimumnya hanya 4 kW.

Namun, dengan torsi hingga 200 Nm, akselerasinya seharusnya sangat super. Sebagai perbandingan, Vespa GTS 150 saja, yang punya torsi hanya 13,5 Nm, mampu berakselerasi 0-60 km dalam 5,1 detik.

Meski belum dilakukan pengujian, tapi perkiraan akselerasi 0-60 km/jam dapat tercapai di kisaran 3 detik. Dengan catatan, bobot pengendara sekitar 70 kg.

Desain

Kontur bodi Vespa Elettrica menggunakan basis Vespa Primavera dengan beberapa penyesuaian.

Desain menjadi salah satu faktor utama yang membuat Vespa menarik. Sekilas, tampilan Elettrica terlihat futuristik dan ikonik dengan pemilihan warna dasar silver metalik. Kesan elektriknya jadi sangat terasa.

Namun, desain seperti ini juga membuatnya terkesan seperti kaleng. Untungnya, ada aksen lis biru di cover klakson, bodi samping, sadel dan lainnya berhasil membuat desain Elettrica terasa lebih manis.

Selain memiliki rim biru, bagian velg juga menggunakan struktur bentuk V sehingga menambah keunikan skuter elektrik Vespa ini.

Skuter ini sudah menggunakan full LED untuk lampu depan dan belakang. Speedometernya juga sudah pakai TFT full digital dengan sistem konektivitas smartphone MIA dari Vespa.

Di bodi belakang sebelah kiri, terdapat emblem Vespa, sementara di sebelah kanan ada emblem Elettrica. Karena bagian belakang yang membentuk curve, kedua emblem ini bisa Anda lihat sekaligus dari sisi belakang.

Yang lebih seru, Vespa juga memberikan aksesoris khusus selama masa pengenalan. Anda bisa mendapatkan top box khusus, helm Vespa Genuine VJ Special Edition Elettrica, dan cover spesial khusus Elettrica.

time charging Vespa Elettrica

Aksesoris tambahan khusus Vespa Elettrica

Kenyamanan Berkendara

Mengendarai Vespa Elettrica terasa sangat nyaman berkat penggunaan motor listrik, desain yang ergonomis, dan fitur tambahan lain.

Penggunaan motor listrik membuat motor ini nyaris tidak memiliki suara dan getaran. Anda mungkin akan merasa seperti mengendarai karpet terbang.

Kemudian, desainnya yang unik tetap terasa ergonomis untuk pemakaian jarak jauh sekalipun. Jarak setangnya yang dekat juga menolong mengurangi rasa lelah yang muncul.

Selanjutnya, motor ini juga sudah dilengkapi fitur USB charging yang bisa jadi solusi ketika smartphone Anda kekurangan daya di jalan.

Selain itu, bagasinya juga sangat lega. Ada ruang 26 liter plus kabel pengisian daya baterai di bawah jok.

Harga Vespa Elettrica

Fitur Vespa Elettrica

Secara keseluruhan, Vespa Elettrica adalah skuter elektrik yang sangat ideal untuk wilayah perkotaan.

Harga

Harga Vespa Elettrica dilepas di angka Rp198 juta-an untuk OTR Jabodetabek.

Angka ini mungkin cukup menakjubkan mengingat Anda bisa mendapatkan mobil sekelas LCGC dengan harga serupa.

Namun, nama besar brand Vespa, keunikan, sekaligus teknologi terkini motor listrik yang ramah lingkungan membuatnya terasa worth it.

Mengingat masifnya transisi transportasi ke listrik, Vespa Elettrica akan menjadi ikonik karena jadi produk skuter elektrik pertama Vespa. Jangan biarkan Anda melewatkan momen bersejarah ini.

< Kembali