NEWS

Vespa Primavera VS Sprint 2021: Mari Kenali Perbedaannya!

Vespa Primavera VS Sprint 2021: Mari Kenali Perbedaannya! Vespa Primavera VS Sprint 2021: Mari Kenali Perbedaannya!

Akhir-akhir ini Vespa Primavera vs Sprint jadi perbincangan. Produk yang dulunya cukup berbeda, kini hadir dengan penampilan yang kembar dan cukup identik.

Nama Primavera dan Sprint sebenarnya sudah cukup melegenda. Vespa Primavera sudah lahir sejak 1967.

Vespa Primavera klasik dulu kapasitas mesinnya masih 125 cc, yang sekarang sudah upgrade menjadi 150 cc. Tapi identitas yang masih terjaga hingga sekarang adalah bentuk headlamp-nya yang membulat.

Vespa Sprint cukup dekat dengan masyarakat Indonesia karena pernah dihadirkan di tahun 70an. Pada waktu itu, mesinnya sudah 150cc.

Vespa sprint lama memiliki dua model headlamp yaitu bulat dan kotak. Pada versi terbarunya, Vespa ini menggunakan headlamp dengan desain segi enam.

Dulu kedua Vespa ini cukup berbeda. Namun, untuk versi modern-nya, keduanya menggunakan basis yang sama.

Untuk Anda yang sedang galau memilih antara Vespa Primavera vs Sprint 150 2021, kami akan coba mengulas perbedaan antara keduanya.

Perbedaan Desain

Jika melihatnya secara sekilas, Anda pasti tidak akan ngeh dengan perbedaan antara keduanya. Dari segi penampilan, Anda bisa melihat perbedaan pada desain headlamp dan spionnya.

Seperti yang sudah kami singgung di atas, Vespa Primavera 150 terbaru mengusung model headlamp yang sama dengan versi klasiknya. Desain headlamp dan spionnya sama-sama membulat.

Untuk Vespa Sprint 150 terbaru, desain headlamp-nya berbentuk segi enam yang sedikit melebar. Sedangkan desain spionnya berbentuk oval.

Perbedaan lainnya yang sedikit minor adalah adanya sedikit akses di spakbor depan Primavera. Sedangkan milik Sprint tampil polos.

Selebihnya, secara penampilan hampir sama. Bahkan kisi-kisi di bagian depan dan bentuk lampu sein-nya saja sangat mirip.

Secara konsep, Vespa Sprint mengusung nuansa sporty khas produk Vespa. Sedangkan Primavera lebih menonjolkan nuansa elegan.

Pada pembaruan terakhir, PT Piaggio Indonesia (PID) selaku distributor resmi Vespa Indonesia mengeluarkan seri S untuk Primavera dan Sprint.

Hal yang berbeda dari seri S ini adalah detail-detail “kosmetik” atau akses pada body-nya.

Berikut komparasinya.

  • Detail Desain Primavera (Regular vs S)

Dari sisi jok, versi reguler menggunakan jok berwarna coklat. Sedangkan versi S berwarna hitam dengan aksen jahitan berwarna abu-abu.

Pada bagian body, versi reguler memiliki list body dengan warna light grey. Sedangkan versi S, list body-nya berwarna dust grey.Lalu list bodi versi reguler berwarna light grey, sedangkan versi S warna dusty grey.

Di bagian velg, versi reguler berwarna light grey. Sedangkan versi S berwarna dark brushed finishing.

Dari segi varian warna, Vespa Sprint vs Primavera juga berbeda.

Primavera memiliki beberapa opsi warna, misalnya green relax, blue energia, white innocenza untuk versi reguler. Sedangkan opsi warna untuk tipe S misalnya: blue vivace, black vulcano, dan white innocenza.

  • Detail Desain Sprint (Regular vs S)

Desain jok pada versi reguler berwarna hitam dengan aksen list putih pada jahitannya. Sedangkan tipe S, jok-nya memiliki tekstur persegi panjang berwarna light grey, yang menempel di jok hitam dengan list putih.

Untuk bagian velg, versi reguler berwarna black glossy. Versi S warna velg-nya sama, hanya spring-nya yang berwarna merah dan terdapat aksen decal.

Desain velg-nya juga jadi pembeda dengan Primavera. Velg milik Sprint jumlah jari-jarinya lebih banyak.

Pada bagian body, versi standar tampil polosan. Untuk versi S terdapat sedikit aksen decal. Aksesn ini juga terdapat di bagian leg shield.

Pada bagian kisi-kisi depan juga ada perbedaan. Versi reguler berwarna hitam sedangkan versi S tampil mencolok dengan warna merah.

Varian warna untuk tipe reguler yaitu: red scarlatto, grey titanio, whine innocenza. Untuk tipe S opsi warnanya yaitu: black opaco, yellow sole, grey materia.

Spesifikasi Dapur Pacu

Selanjutnya kita membahas dapur pacunya.

Dalam hal ini, baik Primavera maupun Sprint menggunakan mesin yang sama.

Mesinnya satu silinder 4 tak dengan 3 katup berkapasitas 156,8cc. Mesin tersebut sudah memiliki teknologi i-get dan fuel injection. Namun, sistem pendinginnya masih menggunakan air cooler (pendingin udara).

Sementara itu, di sisi performa mesin, tenaganya bisa mencapai 11,6 hp/ 7.500 rpm dengan torsi 12 Nm/5.000 rpm.

Memang tenaga dari kedua Vespa ini masih kalah jika Anda bandingkan dengan skutik Jepang di kelas yang sama. Meskipun demikian, Vespa tetap memiliki banyak peminat karena sudah iconic dan lebih cocok untuk berkendara secara santai.

Komparasi Chassis & Fitur-fitur Unggulan

Tidak hanya dari sisi dapur pacu, fitur-fitur antara kedua produk ini juga relatif sama.

Pertama-tama kita lihat suspensinya. Keduanya sama-sama menggunakan single arm dengan helical spring untuk suspensi depan dan belakang. Untuk suspensi belakang sudah menggunakan fitur adjustable preload yang memiliki 4 pengaturan.

Kedua, ukuran rodanya juga sama. Bagian depan berukuran 110/70-12 inch dan 120/70-12 inch untuk bagian belakang. Ban bawaannya sudah menggunakan tubeless.

Selanjutnya, untuk sistem pengereman, keduanya juga memiliki spesifikasi serupa. Rem depan menggunakan cakram 220 mm dan bagian belakang menggunakan tromol 140 mm.

Selain itu, sistem pengereman di kedua Vespa ini juga sudah menggunakan fitur ABS. Fitur ini membuat sistem pengereman lebih efektif dan membuat motor tetap stabil saat mengerem.

Beralih ke fitur-fitur penunjangnya, Primavera dan Sprint sama-sama menggunakan teknologi yang modern.

Dari sisi speedometer, panelnya mengkombinasikan analog dan digital. Hal yang berbeda hanya nuansanya. Panel Vespa Sprint lebih terkesan sporty.

Untuk pencahayaan, baik lampu depan maupun lampu belakang sudah menggunakan LED.

Fitur modern lainnya yang ada di kedua Vespa ini misalnya, USB port untuk charger, tombol elektrik untuk membuka jok, Anti-theft Immobilizer,  dll.

Perbandingan Harga

Meski secara spesifikasi relatif sama, harga Vespa Primavera ternyata lebih murah daripada Vespa Sprint.

Mengapa harganya bisa berbeda? Bisa jadi ini adalah bagian dari marketing. Vespa Sprint yang mengusung konsep sporty kemudian harganya dibuat sedikit lebih mahal.

Harga dari Vespa Primavera versi reguler adalah Rp 44,8 juta. Sedangkan versi S harganya Rp 47,3 juta.

Harga Vespa Sprint versi reguler, harganya yaitu Rp 47,6 juta dan versi S yaitu Rp 50,1 juta.

Semua harga yang tertera kami dapatkan dari website resminya. Harga tersebut merupakan OTR Jadetabek dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Kesimpulan

Vespa Primavera dan Vespa Sprint memang seperti anak kembar. Tidak hanya penampilannya yang cukup identik, spesifikasinya juga sangat mirip.

Bahkan untuk versi S pada masing-masing produk, hanya ada pembeda di bagian desainnya. Spesifikasinya masih sama dengan versi regulernya.

Namun, setiap tipe memiliki selisih harga yang cukup signifikan.

Pada akhirnya, semua kembali ke pilihan Anda. Mana yang jadi selera Anda.

Bagaimanapun, mengendarai vespa adalah suatu prestige.

Jadi setelah membaca review komparasi Vespa Primavera vs Sprint, Anda tertarik membeli yang mana?

Apapun pilihannya, jangan lewatkan berbagai penawaran menarik dan promo kredit motor di MUF Online Autoshow (MOAS) yang dipersembahkan oleh Mandiri Utama Finance.

< Kembali