NEWS

Aerox vs NMax: Skutik Sporty atau Elegan, Pilih Mana?

Aerox vs NMax: Skutik Sporty atau Elegan, Pilih Mana? Aerox vs NMax: Skutik Sporty atau Elegan, Pilih Mana?

Bisa dibilang, Yamaha adalah pelopor dalam menghadirkan produk skutik berbadan gemuk. Aerox dan Nmax sama-sama lahir dari “rahim Yamaha” dan keduanya cukup berkuasa di segmen skutik 155cc. Biarpun demikian, pelanggan masih sering melakukan komparasi Aerox vs NMax. 

Keduanya sama-sama oke, jadi orang-orang sedikit bingung, ingin pilih Aerox atau NMax.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja mengupgrade kedua produk ini. Di tahun 2019 , All New NMax 155 Connected meluncur. Tak lama berselang, di akhir tahun 2020, All New Aerox 155 Connected hadir.

Jadi bagus mana, Aerox atau NMax?  Kami akan mengulas komparasi keduanya di bawah ini.

Dapur Pacu

Untuk urusan dapur pacu, spesifikasi di atas kertas sebenarnya tidak jauh berbeda. Aerox menggunakan mesin SOHC satu silinder bervolume 155,09 cc. Mesinnya sudah menggunakan teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA) yang membuat bahan bakar tetap efisien.

Untuk sistem pendinginannya sudah menggunakan model liquid cooled. Mesin Aerox bisa mengeluarkan tenaga hingga 11.3kW / 8000 rpm dengan torsi maksimal 13.9Nm / 6500 rpm. Untuk perbandingan kompresi 11,6:1

Mesin motor NMax menggunakan mesin bervolume 155 cc. Ada sedikit perbedaan di spesifikasi ini. Untuk spesifikasi lain mulai dari tenaga, torsi, perbandingan kompresinya, sama saja. Nah, keunggulan yang cukup signifikan adalah kapasitas tangkinya. Motor Aerox hanya berkapasitas 5,5 liter sedangkan NMax 7,1 liter.

Konsep Desain

Sejak awal, kedua motor ini sebenarnya diproyeksikan untuk dua target pasar yang berbeda. Aerox mengusung konsep sporty yang cocok untuk kalangan anak muda yang berjiwa sporty. Kesan sporty-nya semakin kentara dari desain body yang full fairing dan aerodinamis.

Motor ini bahkan hadir sebagai standar sport scooter di level ASEAN. Sedangkan untuk NMax, desainnya cenderung elegan. Dengan DNA MAX Series, penampakannya tampak lebih gagah dan premium.

Untuk masalah ini, Anda bisa pilih Yamaha Aerox atau NMax tergantung selera Anda. Apakah Anda lebih suka konsep sporty atau elegan.

Dengan masing-masing konsep yang diusungnya, tampilan keduanya masih terlihat gagah.

Untuk variannya, Aerox memiliki 3 varian yaitu: All New Aerox Connected (STD), All New Aerox Connected ABS, All New Aerox Connected ABS MotoGP Edition.

Versi connected standar memiliki 4 opsi warna yaitu: dark grey yellow, red, matte black cyan, dan black (aksen merah). Versi ABS memiliki 2 opsi yaitu: prestige silver dan maxi signature black gold. Untuk versi MotoGP hanya ada 1 warna yaitu hitam dengan akses biru.

Untuk NMax, juga ada 3 varian, yaitu All New NMax, All New NMax Connected, All New Nmax Connected ABS. Untuk versi biasa opsi warnanya Signature Black, Matte Blue, dan Matte Red. Untuk versi connected standar opsinya Prestige Silver, Maxi Black Signature, Matte Red, dan Matte Blue. Sedangkan versi ABS pilihannya Signature Black, Matte Red, dan Prestige Silver

Kenyamanan Berkendara

Kelebihan utama skutik berbadan gemuk adalah kenyamanan berkendaranya. Kedua produk ini tentu saja sangat memperhatikan sektor ini.

Tapi jika Anda mengkomparasikan lebih enak mana nmax atau aerox? Jawabannya adalah NMax. Meski Aerox sudah cukup nyaman, NMax menang cukup telak dengan adanya pijakan yang lebih luas.

Bayangkan, dengan NMax, Anda bisa berkendara sambil selonjoran.Sebenarnya hal ini tidak mengherankan, toh rancangan NMax memang untuk motor touring. Posisi duduknya memang dibuat senyaman mungkin untuk perjalanan jarak jauh.

Chassis

Motor ini menggunakan rangka underbone. Ground clearance Aerox ternyata sedikit lebih tinggi yaitu 143 mm. Sedangkan NMax hanya 124 mm. Untuk jok-nya Aerox menggunakan dual-straight dan NMax menggunakan dual stepped. Tipe dual stepped memang terasa lebih nyaman bagi pengendara.

Bagian bagasi bisa berarti penting bagi Anda yang memiliki mobilitas cukup tinggi. Meski tidak didesain untuk touring, tapi Aerox ternyata kapasitas bagasinya lebih besar, yaitu 25 liter. Sedangkan NMax 24 liter.

Perbedaannya sebenarnya tidak terlalu signifikan. Nyatanya kedua bagasi motor ini masih cukup luas untuk menyimpan helm, jaket, sarung tangan, dll. Untuk bagian suspensi, keduanya sudah menggunakan Telescopic Fork di depan dan unit swing dengan sub tank di bagian belakang. Tipe suspensi ini membuat kendaraan jadi lebih nyaman dan stabil.

Suspensi milik NMax Connected ABS sudah memiliki fitur adjustable suspension. Untuk ukuran ban, Aerox berukuran 110/80 R14 pada bagian depan dan 140/70 R14 pada bagian belakang. Ukuran ring velgnya lebih besar inch dari milik NMax. Ukuran NMax yaitu 110/70 R13 untuk ban depan dan 130/70 R13 untuk ban belakang. Keduanya sama-sama menggunakan ban tubeless.

Untuk sistem pengereman, NMax sedikit lebih unggul. Baik depan maupun belakang sudah menggunakan cakram. Di sisi lain, Aerox masih menggunakan tromol untuk rem belakangnya.

Fitur-fitur

Kedua motor ini sudah menghadirkan fitur-fitur yang sangat canggih. Bisa Anda lihat dari speedometer yang full digital-nya. Keduanya sudah menggunakan model ini.

Tidak hanya informatif, speedometer ini juga memiliki Y-Connect jadi bisa terhubung dengan smartphone Anda. Fitur ini sangat disukai oleh pelanggan karena bisa menampilkan notifikasi smartphone di layar speedometer. Anda juga bisa melacak lokasi parkir motor melalui aplikasi di smartphone Anda dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Untuk varian All New NMax standar belum memiliki fitur tersebut.

Kedua motor ini juga memiliki banyak fitur yang serupa misalnya:

  • Smart Motor Generator. Sebuah fitur untuk mengefektifkan proses starter motor.
  • Lampu Hazard. Lampu yang berguna untuk memberi sinyal darurat.
  • Smart Key System. Sistem ini lebih aman dan efektif karena tidak menggunakan anak kunci. (Kecuali All New NMax standar).
  • LED Headlamp. Lampu depan yang lebih terang, lebih awet dan hemat energi.
  • Electric Power Socket. Stop contact yang bisa Anda manfaatkan untuk mengisi daya.
  • Anti-Lock Braking System. Sistem ini membuat pengereman stabil. Aerox hanya menggunakan single ABS sedangkan NMax menggunakan dual ABS.
  • dll

Nah, fitur unggulan milik NMax yang tidak dimiliki Aerox adalah Transaction Control System (TCS). Fitur ini berfungsi untuk mengurangi resiko ban selip.

Harga

Jadi mahal mana Aerox atau NMax? Jawabannya tentu saja NMax. NMax memiliki fitur yang lebih lengkap daripada Aerox. Jadi tidak heran jika harganya sedikit lebih mahal.

Tipe

Harga

All New NMax

Rp 29.750.000

All New NMax Connected

Rp 31.000.000

All New NMax Connected ABS

Rp 33.750.000

All New Aerox Connected

Rp 25.500.000

All New Aerox Connected ABS

Rp 29.000.000

All New Aerox Connected ABS Moto GP

Rp 29.500.000

 

Kesimpulan

Sebenarnya kedua produk ini cukup identik secara fitur. Hanya ada beberapa fitur yang tidak dimiliki Aerox. Tapi rata-rata sama. Bagaimanapun kedua motor ini lahir dari pabrikan yang sama dan segmen yang berbeda. Target konsumennya memang berbeda. Setiap detail spesifikasinya tentu saja menyesuaikan masing-masing segmen.

Jika Anda bertanya bagus mana Aerox atau NMax, pada akhirnya kembali ke selera Anda.

Semoga ulasan di atas bisa jadi acuan untuk Anda menentukan pilihan antara Aerox vs NMax. Apapun pilihannya, jangan lewatkan berbagai penawaran menarik dan promo kredit motor di MUF Online Autoshow (MOAS) yang dipersembahkan Mandiri Utama Finance.

< Kembali