NEWS

All New Honda HR-V vs New Mazda CX-3, Adu Cross Entry Level

All New Honda HR-V vs New Mazda CX-3, Adu Cross Entry Level All New Honda HR-V vs New Mazda CX-3, Adu Cross Entry Level

Kompetisi All New Honda HR-V vs New Mazda CX-3 di kelas crossover entry level menjadi perbincangan yang menarik. Masing-masing menawarkan keunggulan yang atraktif.

All New Honda HR-V sangat menggoda dengan performa mesin yang prima, terutama varian TURBO-nya. Sedangkan New Mazda CX-3 memiliki desain dan fitur yang memikat.

Review komparasi New Mazda CX-3 vs All New Honda HR-V ini akan mengulas perbandingan kedua mobil dari sisi:

  • Spesifikasi mesin dan performa di jalan
  • Keunikan desain dan keunggulan fitur
  • Harga dan rekomendasi pembelian

Simak ulasannya.

Spesifikasi Mesin

Spesifikasi Honda All New HR-V terdiri dari 2 varian mesin, yaitu 1,5L dan 1,5L TURBO. Di sisi lain, Mazda New CX-3 juga menggunakan 2 varian mesin dengan kubikasi yang berbeda, yaitu 1.5L dan 2.0L.

Dari sisi keluaran tenaga, HR-V sedikit lebih unggul dengan daya maksimum 121 PS dan 177 PS untuk versi TURBO. Sedangkan torsi maksimumnya mencapai 145 Nm dan bahkan 240 Nm untuk yang TURBO.

Sementara itu, Mazda CX-3 hanya mampu menghasilkan daya maksimum 11 PS untuk varian 1.5L dan 149 PS untuk versi 2.0L. Adapun torsinya mencapai 144 Nm dan 195 Nm untuk varian 1.5L dan 2.0L berturut-turut.

Spesifikasi

HR-V

CX-3

Jenis Mesin

i-VTEC/VTEC

SKYACTIV

Tipe Mesin

DOHC, 4 Silinder, 16 Katup + DBW

4 silinder, 16 katup, DOHC

Isi Silinder (cc)

1.5L/1.5L TURBO

1.496/1.998

Daya Maksimum (PS)

121/177

111/149

Torsi Maksimum (Nm/rpm)

145/240

144/195

Performa

Di atas kertas, HR-V tampaknya akan lebih unggul dalam hal performa dengan menilik dari spesifikasi kedua SUV ini.

Pada pengujian, Mazda CX-3 justru sedikit mengunggul HR-V dalam akselerasi 0-100 km/jam. Waktu yang dibutuhkan hanya 11,9 detik, berbanding dengan HR-V yang butuh hingga 12,5 detik.

Meski demikian, untuk varian mesin tertinggi 2.0L (Pro), CX-3 perlu mengakui keunggulan kompetitornya itu. Catatan waktunya 9,7 detik, selisih 0,8 detik dari HR-V TURBO.

Sementara itu, konsumsi BBM New Mazda CX-3 2022 masih lebih irit dari HR-V, walaupun selisihnya tidak beda jauh. Selain itu, kapasitas tangkinya juga lebih besar, yang membuat Anda tak perlu ke SPBU terlalu sering.

Performa

HR-V

CX-3

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

12,5/8,9

11,9/9,7

Konsumsi BBM dalam kota (km/liter)

11,9

13

Konsumsi BBM luar kota (km/liter)

21

22

Kapasitas tangki (liter)

40

48

Untuk mendapatkan performa yang optimal, Anda perlu menggunakan mode Sport. New Mazda CX-3 sudah memiliki mode ini, sedangkan pada HR-V, mode ini hanya terpasang di varian RS TURBO saja.

Satu lagi yang cukup menunjang performa dari Mazda CX-3 adalah G-Vectoring Control. Fitur ini membuat Anda  nyaman saat menikung sehingga tidak merasakan efek bantingan yang terlalu kuat.

Pada HR-V sebenarnya terdapat fitur yang serupa, yaitu Vehicle Stability Control. Meski begitu, efeknya mungkin tidak sebaik G-Vectoring Control milik Mazda.

Desain Eksterior

Eksterior All New Honda HR-V maupun New Mazda CX-3 memiliki keistimewaan dengan konsep masing-masing.

HR-V terlihat impresif dengan desain AERO KIT yang stylish. Desain grill hexagonal berukuran lebar dengan kontur garis yang stylish memberikan karakter tegas khas SUV.

Sementara itu, New Mazda CX-3 juga tak kalah impresif dengan falsafah desain KODO. Penggunaan aksen yang minimal dengan fokus pada kontur garis dan permainan shadow yang artistik membuatnya terlihat dinamis dan penuh gaya.

Tampilan keduanya semakin terlihat sporty dengan dual exhaust pipe dan alloy wheel berukuran besar, 18”.

Untuk urusan eksterior, tampaknya keduanya sama-sama impresif, jadi pilihannya tergantung selera Anda.

Desain Interior

Interior New Mazda CX-3 vs Honda HRV 2022 sama-sama terkesan mewah dan nyaman.

New Mazda CX-3 memiliki dashboard yang minimalis dan stylish dengan konsep KODO-nya. Head unit berukuran 8” dan terintegrasi dengan smartphone menjadi daya tarik tersendiri. Kemudian, ada Active Head Display yang membuatnya terasa canggih dan futuristik.

Sementara itu, HR-V juga memiliki dashboard yang minimalis dengan head unit berukuran sama. Tak ada fitur Active Head Display, tapi HR-V memiliki layar TFT untuk sistem MID yang berukuran cukup besar, yaitu 7” pada varian RS TURBO.

Dimensi

HR-V

CX-3

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.330 - 4.385 x 1.790 x 1.590

4.275 x 1.765 x 1.535

Ground Clearance (mm)

170-180

160

Jarak Poros Roda (mm)

2.610

2.570

Soal kenyamanan tak perlu diragukan. Bagian penting seperti kemudi, knob, dan jok sudah terlapisi leather premium dengan jahitan yang rapi.

Untuk fitur, keduanya bisa dibilang setara. Kemudi tilt & telescopic, audio & handsfree switch, hingga fitur cruise control sudah tersemat pada kedua mobil.

Namun, Mazda CX-3 sudah memiliki wireless charging, sementara HR-V 2022 belum ada. Honda baru merencanakan tambahan fitur wireless charging pad ini pada HR-V 2023.

Walau demikian, New Honda HR-V 2022 sudah memiliki panoramic sunroof pada varian SE dan RS TURBO. Sedangkan fitur ini baru ada pada New Mazda CX-3 varian PRO (2.0L).

Fitur Keselamatan

Fitur keamanan dan keselamatan New Honda HR-V 2022 dan New Mazda CX-3 terbilang setara.

All New Honda HR-V sudah mengadopsi teknologi Honda Sensing di semua varian. Meski demikian, fitur Honda Lane Watch baru ada di varian SE dan RS TURBO.

Sementara itu, New Mazda CX-3 juga sudah mengadopsi teknologi safety i-ActivSense dari Mazda. Fiturnya termasuk Rear Cross Traffic Alert dan Blind Spot Monitoring System.

Untuk fitur standar lain cukup setara seperti Electronic Brake Control, Isofix, Hill Assist & Descent Control, serta Parking Sensor. Begitu juga dengan SRS airbag yang sama-sama berjumlah 6 pada varian tertinggi kedua mobil.

Adapun untuk fitur keamanan, keduanya juga tak terlalu banyak perbedaan. Fitur alarm dan immobilizer bawaan sudah tersedia. Sama halnya dengan fitur pengunci pintu otomatis saat berjalan jauh (walk away) atau kecepatan tinggi (auto lock by speed).

Harga

Harga New Mazda CX-3 2022 sekitar Rp360 juta-an untuk varian SPORT dan Rp440 jutaan untuk varian PRO. Cukup terjangkau jika melihat review New Mazda CX-3 di atas.

Adapun harga Honda HR-V baru 2022 mulai dari Rp340 jutaan untuk varian S, hingga Rp400 jutaan untuk varian SE. Adapun harga HR-V Turbo cukup lumayan, yaitu sekitar Rp500 jutaan.

Untuk memiliki salah satu dari kedua mobil di atas dengan mudah, Anda bisa menghubungi MUF Online Auto Show (MOAS). Chat WA 0821-1182-4010 untuk respon cepat dari kami. Silakan jadwalkan test drive untuk mencoba sendiri keunggulan All New Honda HR-V vs New Mazda CX-3 yang jadi perbincangan ini.

< Kembali