NEWS

Honda Jazz Vs Yaris: Mana Pilihan Terbaik untuk Dibeli

Honda Jazz Vs Yaris: Mana Pilihan Terbaik untuk Dibeli Honda Jazz Vs Yaris: Mana Pilihan Terbaik untuk Dibeli

Apa top of mind Anda untuk mobil bertipe hatchback? Rata-rata pasti menjawab antara Honda Jazz atau Toyota Yaris. Di segmen ini, head to head Honda Jazz vs Yaris memang paling dominan.

Secara penjualan, Honda Jazz sedikit lebih unggul.

Pada periode Januari-Juli 2020, penjualan honda Jazz mencapai sekitar 3.499 unit. Sedangkan penjualan Yaris berada di kisaran 2.377 unit.

September 2020 Yaris meluncurkan versi faceliftnya dengan harapan versi pembaruan ini bisa menyalip penjualan milik Honda Jazz.

Sementara itu, Honda mengambil langkah berbeda karena Jazz akan berhenti produksi di tahun 2021 ini.

Bagaimanapun, komparasi Honda Jazz Vs Toyota Yaris masih seru untuk jadi perbincangan. Ulasan berikut ini akan coba menjawab keraguan Anda untuk pilih Jazz atau Yaris.

Komparasi Mesin

New model Honda Jazz bertahan di seri facelift tahun 2017. Per tahun Februari 2021 produksi dan penjualan resmi Honda Jazz Indonesia akan berhenti. Honda akan mengalihkannya ke seri Honda City Hatchback.

Walaupun seri pembaruannya lebih lama, dari segi performa mesin, New Honda Jazz masih lebih unggul daripada New Toyota Yaris 2021.

Sebenarnya mesin dari kedua mobil ini sama-sama berkubikasi 1.500 cc. Tapi dari sisi tenaga, Honda Jazz lebih powerful.

New Honda Jazz menggunakan mesin 4 silinder SOHC dengan i-VTEC. Tenaga yang dihasilkan mencapai 120PS/6.600rpm dan torsi 145Nm/4.600rpm.

Sementara itu, New Toyota Yaris menggunakan mesin 4 silinder DOHC dengan Dual VVT-I . Tenaganya hanya 107 PS/6.600rpm dan torsi  145Nm/4.600rpm.

Komparasi Dimensi

Di poin ini, New Toyota Yaris ternyata lebih unggul.

Dimensi ruang kabin dari Yaris lebih lega daripada Jazz. Mobil ini masih cukup lega untuk menampung 4-5 penumpang. Bagasinya juga cukup luas untuk menampung banyak barang.

Meski demikian, Honda Jazz memiliki bagian lain yang lebih unggul. Untuk legroom bagi pengemudi, milik Honda Jazz masih lebih lega.

Bagian kabinnya juga bisa Anda modifikasi menjadi 4 mode: Long, Tall, Utility, Refresh.

Komparasi Interior

Setelah mengetahui dimensi kabin, selanjutnya kita komparasikan bagaimana kenyamanan dalam kabin antara kedua mobil ini.

Interior Toyota Yaris dan interior mobil Honda Jazz memiliki andalan masing-masing.

Secara desain, keduanya sama-sama all out. Baik Yaris maupun Jazz mengusung desain interior yang sporty.

Untuk head unit, Honda Jazz menggunakan layar yang lebih lebar yaitu 8 inch. Sedangkan milik Yaris berukuran 7 inch.

Untuk fitur dari head unit, Yaris tampaknya lebih canggih. Tapi, secara fungsional milik Jazz masih cukup mumpuni. Intinya semua konektivitas untuk entertainment sudah bisa terakomodasi.

Untuk pengaturan AC, keduanya ternyata sudah sama-sama digital. Hanya saja, milik Honda Jazz sudah menggunakan smart touch untuk pengaturannya. Sedangkan milik Yaris masih menggunakan tombol fisik.

Untuk bagian setir, keduanya sudah menggunakan tilt steering. Sementara itu, Jazz juga dilengkapi dengan teleskopik steering.

Artinya, setir mobil Honda Jazz sedikit lebih leluasa untuk setting posisinya. Kombinasi tilt dan teleskopik memungkinkan Anda untuk mengubah posisi naik turun maupun maju mundur.

Untuk bagian lingkar kemudi, keduanya sudah menggunakan material kulit. Selain itu, keduanya juga sudah memiliki audio switch.

Komparasi Desain Eksterior

Kedua mobil ini cukup populer di kalangan anak muda. Dari segi desain memang kedua mobil ini sangat cocok untuk pasar ini. Keduanya juga cukup oke untuk dimodifikasi.

Dari segi desain, sebenarnya keduanya setara. Hal ini kembali ke urusan selera.

Keduanya sama-sama mengusung nuansa modern, stylish, dan sporty. Menyasar pasar anak muda, konsep seperti itu memang lebih diminati.

New Toyota Yaris TRD Sportivo memiliki grill depan berbentuk trapesium. Ukurannya cukup besar memenuhi bagian muka hingga bawah. Gayanya berbentuk jaring-jaring seperti sarang lebah.

Untuk headlamp-nya tampak lebih sipit dengan LED dan DRL berada dalam lampu utama.

Rumah foglamp-nya tampak terpisah di bagian samping depan. Berbentuk menyiku keatas.

Rancangan Jazz RS juga cukup atraktif. Desain “wajahnya” mengusung konsep Intake Trapezoidal-shaped.

Front grill dan bagian bumpernya hadir dengan lekukan tajam untuk mendongkrak kesan sporty-nya.

Gaya sarang lebah juga diaplikasikan pada Jazz, tapi tidak sepenuh Yaris. Hal ini jadi aksen di bumper dan sedikit di bagian muka.

Headlampnya juga sudah menggunakan LED dan DRL.

Komparasi Fitur Keamanan

Yaris cukup all out untuk poin ini. Seri terbarunya menghadirkan opsi 3 airbags dan 7 airbags.

Sedangkan Honda Jazz hanya menyediakan 2 airbags di bagian depan atau baris kemudi.

Untuk sistem pengereman, Yaris TRD sudah menggunakan tipe cakram untuk semua roda. Mobil ini juga sudah menerapkan teknologi Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) pada sistem pengereman.

Untuk lebih menunjang keamanan, mobil ini juga menggunakan Vehicle Stability Control ditambah Hill Launch Assist.

Lalu bagaimana dengan Jazz? Hatchback besutan Honda ini masih menggunakan sistem pengereman tromol untuk roda belakang. Cakram hanya ada di roda depan.

Honda Jazz juga memiliki ABS dan EBD tapi tidak memiliki Brake Assist.

Selain itu, Vehicle Stability Control, Hill Launch Assist, dan Traction Control belum ada di fitur Honda Jazz.

Komparasi Harga

Untuk seri tertingginya, Toyota Yaris dibandrol dengan harga Rp 284 juta. Ini untuk 7 airbags. Untuk 3 airbags seharga Rp 279,5 juta.

Seri tertinggi Honda harganya masih Rp 298,5 juta.

Angka ini sebenarnya agak mengejutkan. Pasalnya, Toyota Yaris baru saja mengeluarkan seri baru. Sedangkan Honda Jazz sudah cukup lama tidak mengalami pembaruan.

Untuk varian produk, keduanya sama-sama mengeluarkan 2 varian saja. Terdapat opsi transmisi manual dan CVT. Untuk Toyota Yaris, ada juga opsi airbag 3 atau 7.

Kesimpulan

Baik Honda Jazz maupun Toyota Yaris sama-sama memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing.

Oleh karena itu, pada akhirnya semua dikembalikan kepada selera dan kebutuhan konsumen.

Itu dia sedikit review Honda Jazz vs Yaris. Setelah membaca ulasan di atas, kira-kira Anda ingin membeli yang mana?

Apapun pilihannya, jangan lewatkan berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil di MUF Online Autoshow (MOAS) yang dipersembahkan oleh Mandiri Utama Finance.

< Kembali