NEWS

Komparasi Toyota Raize vs Daihatsu Rocky: Performa, Desain, Fitur

Komparasi Toyota Raize vs Daihatsu Rocky: Performa, Desain, Fitur Komparasi Toyota Raize vs Daihatsu Rocky: Performa, Desain, Fitur

Membicarakan Toyota Raize vs Daihatsu Rocky akan selalu membawa ingatan ke Toyota Avanza vs Daihatsu Xenia. Seperti pasangan mobil sejuta umat Avanza-Xenia, Rocky-Raize pun memiliki spesifikasi yang tak jauh berbeda.

Namun, para pecinta otomotif hampir selalu berusaha menemukan mana yang lebih baik di antara kendaraan-kendaraan yang setara.

Untuk Daihatsu Rocky vs Toyota Raize, Anda bisa mempertimbangkan spesifikasi, desain, fitur, maupun kelebihan dan kekurangannya berikut.

Mesin dan Performa Imbang

Sama-sama mengusung mesin berkapasitas 1.0 L Turbocharged Engine, kedua kendaraan ini tidak memiliki perbedaan jauh dari segi performa.

Wajar saja, karena keduanya menggunakan mesin 1KR-VET dari Daihatsu, yang mencapai maksimal 98 tenaga kuda pada putaran 6.000 rpm.

Meski Toyota Raize memiliki varian dengan mesin 1200 cc, tenaga maupun torsinya masih sedikit di bawah mesin 1.0 L. Ini karena yang mesin 1.000 cc sudah lengkap dengan Turbocharged engine yang mampu menghasilkan torsi besar dari bawah.

Dari hasil test drive Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, keduanya mampu menempuh jarak sekitar 17-18 km untuk 1 liter BBM.

Kesimpulannya, tak ada perbedaan berarti soal mesin dan performa Rocky dan Raize. Perbedaan justru muncul antar varian masing-masing, dimana varian dengan transmisi CVT akan merasakan pengalaman berkendara yang lebih mulus.

Eksterior: Gahar vs Tangguh

Dari segi dimensi, 2 tunggangan ini juga setara. Sama-sama dibangun dari platform body Daihatsu New Global Architecture (DNGA), keduanya memiliki PxLxT = 4030 x 1710 x 1635 mm.

Dari sisi desain eksterior, Daihatsu Rocky mungkin lebih cocok mendapat sebutan SUV mungil yang tangguh. Ini berkat desain grill trapezoid ke atas dengan cover fog lamp yang lebar di bagian depan.

Sedangkan Toyota Raize mungkin lebih cocok untuk mendapat julukan SUV mungil yang gahar. Grill depannya berbentuk trapezoid ke bawah dengan cover fog lamp berbentuk F menampilkan ekspresi yang agak angkuh.

Selain bagian front, nyaris tak ada perbedaan berarti dari desain eksterior kedua tunggangan ini. Fasad samping dan belakang bisa dibilang 11-12, hanya beda di bagian logo saja.

Sedikit pembeda tambahan ada pada bentuk velg yang digunakan. Daihatsu Rocky mengusung velg alloy dengan bentuk kipas trapezoid two tone berwarna metal. Sedangkan Toyota Raize memilih bentuk kincir, juga berbentuk bilah pisau, tapi berwarna gelap elegan.

Untuk pilihan warna, Raize lebih unggul dengan memberikan 11 variasi warna daripada Daihatsu yang hanya menyediakan 8 variasi. Selain itu, varian 2-tone dari Raize ada 5 jenis, lebih banyak dari Rocky yang hanya ada merah-hitam dan putih-hitam.

Variasi warna yang banyak membuat kendaraan tampak lebih sedikit yang menyamai saat sedang berkendara di jalan.

Interior: Elegan vs Sporty

Menggunakan platform body yang sama, interior keduanya nyaris tak berbeda. Dimensi interior berukuran sama, termasuk luas bagasi keduanya yang mencapai 369 liter.

Bagian dasbor tampak serupa dengan model stir, panel, hingga layar head unit 9 inci yang posisi dan bentuknya sama persis. Namun, balutan material fabric pada kemudi Toyota Raize membuatnya tampak sedikit lebih mewah daripada stir Rocky yang polos.

Kesan elegan dan mewah juga tampak dari kursi jok Raize.

Meski kedua mobil menggunakan leather dan material fabric yang sama persis jenis dan coraknya, Raize mempertahankan warna hitam klasik. Sementara Rocky tampak lebih manis dengan aksen garis warna merah memanjang di samping kursi.

Selain kemudi dan jok depan tersebut, nyaris tak ada perbedaan lagi yang bisa Anda temukan.

Kecuali jika teliti, Anda akan mendapati Rocky sudah dilengkapi dengan subwoofer aktif 8 inch. Hal ini menjadi nilai tambah yang tidak Anda temukan di Raize.

Kesimpulan dari segi desain, Toyota Raize sedikit lebih unggul dengan aksesoris yang membuatnya tampak mewah dan elegan. Sedangkan Daihatsu Rocky tampak lebih cocok untuk yang berjiwa muda, sporty, dan ceria.

Fitur Kenyamanan: Rocky Lebih Menyenangkan

Untuk kelas SUV 200 juta-an, fitur dasar kedua kendaraan ini tentu saja sangat memuaskan.

Di bagian luar, keduanya sudah dilengkapi dengan spion menggunakan auto retractable mirror, serta cover shark fin antenna yang keren. Sedangkan di bagian dalam, automatic air conditioner, instant start-stop button, dan power mode switch semakin menambah kenyamanan.

Kedua mobil juga sama-sama telah dilengkapi dengan tilt steering, membuat pengemudi lebih nikmat dalam menyesuaikan posisi.

Bagi penumpang, kenyamanan ini makin sempurna dengan adanya layar head unit 9 inch yang dapat terkoneksi dengan smartphone. Ini sangat memudahkan Anda untuk memilih jenis hiburan apa yang Anda inginkan selama perjalanan.

Sementara fitur Daihatsu Rocky menambahkan subwoofer, Toyota Raize lebih memilih menyematkan convenience paddle shift di balik kemudinya. Ini membuat Anda mampu mengubah transmisi dan mengatur fitur lain tanpa melepas tangan dari kemudi.

Fitur Keamanan: Toyota Safety Sense Lebih Lengkap

Dari segi keamanan, baik Rocky dengan Advance Safety Assist maupun Raize dengan Toyota Safety Sense, sama-sama memberikan keamanan lebih.

Fitur keamanan standar SUV seperti Anti-Lock Braking System, Hill Assist, dan Vehicle Stability Control sudah pasti terpasang. Begitu juga dengan fitur terbaru seperti pre-collision, lane departure, hingga pedal mis-operation.

Hanya saja fitur Toyota Raize sedikit lebih unggul dengan sudah menambahkan 6 airbag. Ini membuat baik pengemudi maupun pengendara lebih aman seandainya terjadi benturan daripada dual airbag pada Daihatsu Rocky.

Selain itu, Toyota Safety Sense juga memiliki 2 fitur tambahan:

  1. Rear Cross Traffic Alert yang mendeteksi kendaraan yang sedang mendekat beserta radar untuk blind monitor, dan
  2. Adaptive Cruise Control yang dapat menyesuaikan jarak dan kecepatan kendaraan Anda dengan kendaraan lain di depan.

Kedua fitur ini membantu menghindari benturan dengan kendaraan lain yang membuat keamanan Anda semakin meningkat.

Kesimpulan

Meski orang sering menyebut sebagai saudara kembar, kendaraan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky tentunya tetap memiliki ciri khasnya masing-masing.

Toyota Raize tampil dengan desain eksterior lebih elegan, pilihan warna lebih banyak, desain interior lebih mewah, dilengkapi paddle shift seperti di mobil balap dan memiliki 6 airbag.

Sementara Daihatsu menawarkan Rocky dengan desain eksterior dan interior lebih sporty, dukungan subwoofer dan LCD support smartphone connection, serta dual SRS airbag.

Harga Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Namun, secara harga Daihatsu Rocky lebih murah untuk kelas yang setara. Anda bisa membawa pulang Daihatsu Rocky dengan harga antara Rp 214 - 240-an juta. Sedangkan harga Toyota Raize sekitar Rp 219 - 265-an juta.

Jadi, manakah yang Anda lebih sukai antara Toyota Raize vs Daihatsu Rocky? Apapun itu, pastikan untuk membeli SUV idaman Anda melalui MUF Online Autoshow (MOAS) dari Mandiri Utama Finance untuk mendapatkan penawaran terbaik.

< Kembali