KREDIT MOBIL BARU
KREDIT MOTOR BARU
KREDIT MOBIL BEKAS
KREDIT MOTOR BEKAS
DAPATKAN CICILAN LEBIH RINGAN
KINI HADIR PILIHAN KENDARAAN BERKELAS UNTUK ANDA
JUAL CEPAT MOTOR ANDA

KREDIT MOBIL BARU

Bunga Mulai 2,45% + Free Layanan Darurat 24 Jam

KREDIT MOTOR BARU

Angsuran Mulai 700rb-an + Free Layanan Darurat 24 Jam

KREDIT MOBIL BEKAS

Angsuran Mulai 1,5jt-an + Free Layanan Darurat 24 Jam

KREDIT MOTOR BEKAS

Angsuran Mulai 500rb-an + Free Layanan Darurat 24 Jam

DAPATKAN CICILAN LEBIH RINGAN

Dengan Stepping Payment atau Tenor s.d 7 Tahun

KINI HADIR PILIHAN KENDARAAN BERKELAS UNTUK ANDA

Bunga Mulai 2,75%, Ajukan Sekarang!

JUAL CEPAT MOTOR ANDA

Dapatkan Kemudahan dan Beragam Keuntungannya

NEWS

New Daihatsu Ayla vs Toyota Agya, Serupa Tapi Tak Sama

New Daihatsu Ayla vs Toyota Agya, Serupa Tapi Tak Sama New Daihatsu Ayla vs Toyota Agya, Serupa Tapi Tak Sama

Komparasi Daihatsu Ayla vs Toyota Agya sering mengingatkan pada pasangan Xenia dan Avanza yang juga berasal dari juga berasal dari Daihatsu dan Toyota.

Hanya saja, pada perbandingan antara Ayla dan Agya, ada beberapa perbedaan yang lebih nyata daripada perbandingan kakak MPV-nya.

Apa saja kesamaan dan perbedaan antara Ayla vs Agya 2021 ini? Mana yang lebih baik antara keduanya? Simak ulasan berikut.

Spesifikasi Mesin Ayla vs Agya

Berada di kelas hatchback LCGC yang sama, kedua mobil mengandalkan mesin buatan Toyota yang serupa.

Varian terendah Daihatsu Ayla dan Toyota Agya sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 1.0 L dengan 3 silinder in-line. Begitu juga varian tertingginya yang sama-sama mengandalkan mesin berkapasitas 1.2 L dengan 4 silinder in-line.

Akan tetapi, sementara versi 1.2 L telah menggunakan dual VVT-i, hanya versi 1.0 L di Agya yang telah menggunakan VVT-i. Varian terendah Daihatsu Ayla belum menggunakan teknologi VVT-i ini, membuat daya maupun torsinya agak lebih kecil dari Agya.

 

Spesifikasi Mesin

Daihatsu Ayla

Toyota Agya

Jenis mesin

1.0 KR, 3 silinder inline, DOHC

1,2 NR, 4 silinder, 16 katup, DOHC, Dual VVT-i

1.0 KR, 3 silinder inline, DOHC, VVT-i

1,2 NR, 4 silinder, 16 katup, DOHC, Dual VVT-i

Daya Maks (PS/rpm)

65/6.000

88/6.000

67/6.000

88/6.000

Torsi Maks (N.m/rpm)

86/3.600

108/4.200

91/4.44

110/4.200

 

Di atas kertas, Agya memberikan tarikan yang lebih baik di putaran rendah maupun tinggi untuk varian dengan mesin 1.0 L. Adapun untuk kelas di atasnya, Agya hanya sedikit unggul di putaran bawah, tapi sebanding dengan Ayla di kecepatan tinggi.

Performa Agya vs Ayla di Jalan

Jadi, di atas kertas, spesifikasi Toyota Agya untuk mesin sedikit lebih unggul daripada Daihatsu Ayla. Lalu, bagaimana dengan performa di jalan raya?

Untuk pemakaian rutin, konsumsi BBM Agya 1.0 memiliki keunggulan cukup besar jika digunakan untuk luar kota. Namun, keunggulan ini tak terlihat kentara untuk pemakaian dalam kota dengan mode stop and go.

Adapun untuk untuk tipe mesin 1.2 L, baik Toyota Agya vs Daihatsu Ayla tak memiliki banyak perbedaan.

 

Konsumsi BBM

Daihatsu Ayla

Toyota Agya

Dalam Kota (km/liter)

14

14

15

15

Luar Kota (km/liter)

18

20

22

20

 

Meski begitu, jelas bahwa baik Daihatsu Ayla maupun Toyota Agya merupakan 2 di antara mobil paling irit di Indonesia. Apalagi keduanya sudah menggunakan teknologi electronic fuel injection yang irit bahan bakar.

Eksterior: Sporty vs Elegan

Berasal dari pabrikan yang kerap membuat mobil kembar di dunia otomotif Indonesia, desain Ayla dan Agya nyaris tak ada beda.

Selain varian Ayla dengan mesin 1.0 L yang memiliki panjang 3.640 mm, varian Ayla dan Agya lainnya memiliki panjang sama, 3.660 mm. Begitu juga dengan dimensi lainnya seperti lebar, tinggi, hingga ground clearance, semuanya sama.

 

Dimensi (mm)

Daihatsu Ayla

Toyota Agya

Panjang (mm)

3.640

3.660

3.660

3.660

Lebar (mm)

1.600

1.600

1.600

1.600

Tinggi (mm)

1.520

1.520

1.520

1.520

Ground clearance (mm)

180

180

180

180

Wheelbase (mm)

2.455

2.450

2.455

2.450


Perbedaan Ayla dan Agya dari eksterior tampak di sisi depan, yang mengingatkan pada perbedaan eksterior depan Daihatsu Rocky vs Toyota Raize.

Pada Daihatsu Ayla, bagian bumper depan berbentuk trapezoid terbuka ke atas. Ini berbeda dengan Agya yang bumpernya berbentuk trapezoid terbuka ke bawah.

Selain itu, Ayla lebih memilih tampilan grille chrome yang mengkilap, sedangkan Agya mengandalkan grille berkelir hitam legam.

Selain 2 bagian tersebut, bagian lainnya termasuk cover headlamp maupun foglamp, tak menunjukkan perbedaan berarti. Yang jelas, keseluruhan tampilan Ayla tampak mengusung konsep fresh and sporty, sedangkan Agya lebih menonjolkan kesan elegan dan tangguh.

Interior

Sebagai mobil jenis hatchback, tentunya tak perlu berharap terlalu banyak untuk kelapangan kabinnya. Walau lebih besar daripada city car seperti Honda Brio dan Suzuki Ignis, namun jelas tak sebesar kelas SUV apalagi MVP.

Meski begitu, ruang kabin tetap nyaman meski diisi oleh 5 orang. Terutama pada Toyota Agya, di mana 3 tempat duduk di belakangnya telah dilengkapi headrest.

Ini membuat Agya sedikit lebih baik dari Ayla yang hanya memberikan 2 headrest di jok belakang.

Selain itu, secara desain, tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua hatchback LCGC ini. Kecuali bahwa interior Ayla memberikan vibe yang lebih segar dengan desain jok yang sporty, sedangkan Agya lebih kalem dengan desain jok yang elegan.

Fitur Kenyamanan

Dari segi kenyamanan, agaknya Ayla perlu mengakui keunggulan Agya dengan beberapa fitur yang lebih banyak dibutuhkan masyarakat.

Pertama adalah fitur headrest yang sudah masuk pembahasan sebelumnya. Kedua, fitur isofix yang sudah ada pada New Toyota Agya 2020, juga tidak muncul di New Daihatsu Ayla 2020.

Padahal, kedua fitur tersebut merupakan penting untuk kenyamanan penumpang. Apalagi jika sudah berkeluarga dan memiliki balita atau anak kecil.

Selain itu, Toyota juga sudah menyematkan fitur “Start & Stop Button” yang sangat membantu bagi pengemudi pada varian Agya 1.2 L. Di sisi lain, Daihatsu menyematkan kamera belakang yang cukup membantu bagi pengemudi saat parkir.

Pilihan fitur ini sangat tepat jika Toyota membidik pengguna Agya dari segmen pasangan yang baru menikah atau keluarga kecil. Di lain sisi, Daihatsu mungkin membidik pengguna Ayla dari segmen yang lebih muda dan aktif.

Yang tak kalah penting, adalah kenyamanan saat mengendarai varian masing-masing.

Jika Anda memilih varian dengan mesin 1.0 L, baik Agya maupun Ayla, Anda perlu bersiap dengan getaran mesin saat berkendara. Terutama pada kecepatan di atas 60 km/jam. Namun, getaran ini tak jadi masalah jika Anda memilih varian dengan mesin 1.2 L dengan 4 silinder dan 16 katup.

Fitur Keamanan

Dari segi keamanan, kedua mobil setara dengan menyematkan fitur keamanan premium kelas mobil hatchback.

Baik Ayla maupun Agya telah memiliki fitur dual airbag dan side impact beam yang bermanfaat menjaga keselamatan saat tabrakan. Selain itu, ada juga fitur ABS dan stabilizer yang menjaga mobil tetap aman saat pengereman.

Fitur keamanan ini tentu sudah sangat mumpuni untuk mobil sekelas hatchback LCGC ini.

Jadi, pilih Agya atau Ayla?

Jelas jawabannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda masih single dan suka nongkrong dengan teman-teman, Daihatsu Ayla tentu lebih seru. Namun, jika Anda telah berkeluarga, jelas fitur-fitur Toyota Agya akan sangat bermanfaat.

Harga Ayla vs Agya

Dengan membidik segmen golongan muda yang dinamis, Daihatsu membanderol Ayla dengan harga yang cukup murah. Harga Daihatsu Ayla hanya mulai dari Rp 100 juta-an untuk varian terendah hingga Rp 160 juta-an untuk varian tertinggi.

Adapun dengan fitur yang agak lebih banyak, Toyota membanderol Agya dengan harga yang sedikit lebih tinggi, namun tetap murah. Harga Toyota Agya mulai dari hanya Rp 140 juta-an untuk varian terendah dan Rp 170 juta-an untuk varian tertinggi.

Kenapa Ayla lebih murah dari Agya? Jelas karena Agya memiliki beberapa fitur tambahan yang fungsional untuk keluarga kecil. Namun, sekali lagi, pada akhirnya tergantung kebutuhan Anda.

Apakah Anda tertarik untuk memiliki Daihatsu Ayla atau Toyota Agya? Anda bisa memanfaatkan fasilitas pembiayaan dari MUF Online Autoshow (MOAS) untuk mendapatkan keuntungan lebih.

MOAS dari Mandiri Utama Finance (MUF) memberikan penawaran khusus dengan DP mulai dari hanya 15%. Angsuran untuk Ayla atau Agya pun bisa mulai dari Rp 2 juta-an.

Agar lebih yakin, Anda juga bebas mengajukan test drive untuk memastikan memilih varian mesin 1.0 L atau 1.2 L.

Jadi, jangan tunggu sampai harga kedua mobil hatchback LCGC Daihatsu Ayla vs Toyota Agya naik lagi. Kunjungi website MOAS dan ajukan pembiayaannya dengan mudah secara online.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil Daihatsu dan kredit mobil Toyota yang disajikan MOAS.

CONTACT US

Jika Anda tertarik dan masih memiliki pertanyaan tentang PEMBELIAN KENDARAAN DI MUF ONLINE AUTOSHOW

Silahkan menghubungi melalui online chat kami, email atau call center 1500824
*Jam operasional pukul 09.00 - 17.00 WIB.
Presented by:
logo muf
Terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan
logo muf

Jika Anda tertarik dan masih memiliki pertanyaan tentang PEMBELIAN KENDARAAN DI MUF ONLINE AUTOSHOW

Silahkan menghubungi melalui online chat kami, email atau call center 1500824
*Jam operasional pukul 09.00 - 17.00 WIB.
Product by:
logo muf
Follow #MUFautoshow
for our social media updates
Program MUF Millennials
Call center