NEWS

Nissan Serena vs Toyota Voxy, Opsi MPV Boxy untuk Keluarga

Nissan Serena vs Toyota Voxy, Opsi MPV Boxy untuk Keluarga Nissan Serena vs Toyota Voxy, Opsi MPV Boxy untuk Keluarga

Sangat menarik untuk membandingkan Nissan Serena vs Toyota Voxy sebagai opsi MPV boxy untuk keluarga. Keduanya sama-sama bermesin besar (2000cc), buatan Jepang, dan kisaran harga pun tidak terlalu jauh.

Namun, tentunya masing-masing mobil dari Nissan dan Toyota punya keunggulan tersendiri. Review komparasi Nissan Serena vs Toyota Voxy berikut akan membandingkan keduanya dari sisi:

  • Spesifikasi mesin dan performa
  • Keunikan desain eksterior dan interior
  • Fitur kenyamanan dan keamanan masing-masing.

Simak ulasannya sampai akhir.

Spesifikasi Mesin

Sama-sama di kelas 2.000 cc, spesifikasi Nissan Serena sedikit di bawah Toyota Voxy.

Voxy menggunakan mesin sama dengan yang Toyota sematkan pada Innova Zenix terbarunya, M20A-FKS. Spesifikasinya memiliki 4 silinder inline, 16 katup dengan torsi maksimal 204 Nm dan daya 170 PS.

Di sisi lain, Serena dari Nissan menggunakan mesin MR20 dengan spesifikasi serupa. Akan tetapi daya dan torsi maksimalnya sedikit di bawah Voxy, yaitu 199 Nm dan 150 PS.

Spesifikasi

Serena

Voxy

Jenis Mesin

MR20

M20A-FKS

Tipe Mesin

In-line 4 cylinder, 16 valve, DOHC

In-line 4 cylinder, 16 valve, DOHC

Isi Silinder (cc)

1.997

1.986

Daya Maksimum (PS/rpm)

150/6.000

170/6.000

Torsi Maksimum (Kgm/rpm)

199/4.400

207/4.900

Performa

Performa Toyota Voxy sedikit lebih unggul, tapi Nissan Serena lebih ideal untuk perjalanan jauh.

Melihat spesifikasinya, tampak bahwa Voxy sedikit mengungguli Serena. Namun, performa tidak hanya berasal dari spesifikasi mesin, tapi keseluruhan mobil.

Pada pengujian, Nissan Serena tampil impresif dengan mencatatkan waktu 12,8 detik untuk akselerasi 0-100 km/jam. Uji drag 0-201 m juga cukup memuaskan dengan catatan waktu 12,2 detik.

Meski demikian, Voxy tampil lebih trengginas dengan catatan waktu 11,6 detik untuk 0-100 km/jam, dan 11,7 detik untuk 0-201 m. Meski bedanya kecil, tapi Serena tetap harus mengakui keunggulan Voxy dari sisi performa.

Tak hanya itu, konsumsi BBM Toyota Voxy pun agak lebih hemat dari Serena, terutama untuk dalam kota. Catatan konsumsi Voxy mencapai 11,3 km/liter, berbanding 10,3 km/liter dengan Serena.

Akan tetapi, untuk luar kota, Serena sedikit lebih unggul dengan catatan 16,9 berbanding 16,1 km/liter. Dengan tangki 60 liter, Serena lebih ideal untuk perjalanan jarak jauh.

Performa

Serena

Voxy

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

12,8

11,6

Akselerasi 0-200 m (detik)

12,2

11,7

Konsumsi BBM dalam kota (km/liter)

10,3

11,3

Konsumsi BBM luar kota (km/liter)

16,9

16,1

Kapasitas tangki (liter)

60

52

Desain Eksterior

Eksterior Nissan Serena mengusung konsep MPV klasik, sedangkan Toyota Voxy mendapatkan sentuhan SUV.

Sama-sama berkontur boxy, eksterior kedua MPV memiliki konsep yang berbeda. Sementara Serena masih mengusung konsep MPV klasik, Voxy mendapatkan sentuhan gaya SUV.

Fasad depan Voxy terlihat impresif dengan desain grill dan kisi angin yang tinggi lebar. Kelihatan berani dan berkelas. Di sisi lain, Serena menampilkan kesan aerodinamis dengan moncong yang lebih menurun dan grill v-motion.

Di bagian samping, keduanya sama-sama sudah melengkapi diri dengan kick sensor untuk membuka pintu geser dengan goyangan kaki. Namun, Voxy sudah menggunakan velg 17”, satu tingkat lebih besar dari Serena HWS yang masih memakai ukuran 16”.

Meski demikian, Nissan Serena HWS tetap lebih unggul di sisi ground clearance yang sedikit lebih tinggi, 160 berbanding 150 mm pada All New Voxy.

Di sisi belakang, keduanya sudah memasang roof spoiler dan high mount stop lamp. Hanya saja, rear combination lamp dari Voxy terlihat lebih impresif dengan horizontal yang menyambung dari sisi ke sisi.

Selain itu, Voxy juga lebih praktis dengan fitur power backdoor side button. Jadi, Anda bisa membuka pintu bagasi belakang dengan tombol samping untuk menyesuaikan diri di area sempit. Bahkan, sudut bukaan pintu pun bisa diatur.

Adapun Serena juga menyematkan kick sensor di pintu belakang. Tambah lagi, pintu belakangnya memiliki dual tailgate untuk tujuan yang sama: penyesuaian di area sempit.

Desain Interior

Interior Nissan Serena vs Toyota Voxy sama-sama menampilkan kesan canggih, mewah, dan nyaman.

Bagian dasbor tampak canggih dengan head unit masing-masing berukuran 7” dan 9” untuk Nissan Serena dan Toyota Voxy. Keduanya memiliki fitur Smart Connectivity, masing-masing dengan Nissan Intelligent dan Toyota-inTouch.

Selain head unit, kedua MPV juga memiliki layar MID TFT 7”. Namun, Voxy terkesan lebih canggih dengan tambahan head up display yang mengambang di kaca depan.

Fitur 3600 Camera View sudah tersemat pada keduanya. Hanya saja di Voxy, Anda mengaksesnya lewat layar utama, sedangkan di Serena melalui TFT MID.

Kemudi kedua mobil sudah tilt & telescopic serta seamless dengan beragam tombol untuk fitur canggih masing-masing. Untuk Serena, desain D-cut memberikan kesan yang lebih lapang bagi pengemudi.

Di generasi terbaru ini, baik Nissan Serena HWS maupun All New Toyota Voxy sudah menggunakan material leather premium. Jadi, kesannya sangat mewah dan nyaman.

Meski secara dimensi Serena tampak lebih besar, kabin Toyota Voxy vs Nissan Serena sama-sama terasa luas untuk 8 orang penumpang. Terlebih seat keduanya sudah adjustable dan baris kedua pun sudah mengadopsi mode long sofa.

Dimensi

Serena

Voxy

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.770 x 1.740 x 1.865

4.695 x 1.730 x 1.855

Ground Clearance (mm)

160

150

Jarak Poros Roda (mm)

2.860

2.850

Untuk hiburan penumpang, keduanya sudah menyematkan rearset entertainment yang berukuran 11”. Selain itu, tersedia juga USB charging sejumlah 7 titik pada Serena dan 6 titik pada Voxy.

All New Voxy 2023 tidak lagi memiliki sunroof, seperti Serena. Tapi ada wireless charging yang bukan merupakan fitur bawaan pada Nissan Serena. Adapun untuk Serena ada 6 titik speaker yang bisa jadi daya tarik lainnya.

Fitur

Baik Nissan Serena maupun Toyota Voxy sudah dilengkapi fitur canggih Cruise Control, tapi Voxy lebih unggul dengan TSS 3.0.

Nissan Serena sudah mengadopsi Nissan Intelligent Mobility dengan fitur cruise control, dynamic vehicle control, serta intelligent view around monitor dengan 8 sensor keliling.

Selain itu, ada isofix, 7 SRS airbag, load limiter seat belt sebagai fitur pasif, serta electronic braking control sebagai fitur aktif standar.

Di sisi lain, Toyota Voxy sudah punya TSS (Toyota Safety Sense) 3.0 lengkap. Begitu pula dengan fitur pasif dan aktif standar yang tidak berbeda dengan Serena.

Secara keseluruhan, keduanya hampir setara, tapi Toyota Voxy sedikit lebih unggul dengan fitur Lane Assist dari TSS.

Harga

Harga Nissan Serena 2023 di kisaran Rp534 juta, sedangkan harga New Toyota Voxy 2023 mulai dari Rp592 juta-an. Masing-masing hanya ada 1 varian, kecuali Voxy yang hanya berbeda di sisi warna.

Tertarik dengan salah satunya? Pesan saja lewat MOAS (MUF Online Autoshow) melalui chat cepat WA 0821-1182-4010. Nikmati promo bunga rendah dan bonus layanan hanya di sini.

< Kembali