NEWS

Toyota BZ4X Indonesia, Pelopor Visi Zero Emisi dari Toyota

Toyota BZ4X Indonesia, Pelopor Visi Zero Emisi dari Toyota Toyota BZ4X Indonesia, Pelopor Visi Zero Emisi dari Toyota

Setelah lebih dari setahun ditunggu, Toyota BZ4X akhirnya resmi rilis di Indonesia. Mengusung slogan “Go Beyond Zero”, BZ4X menjadi pionir dari 7 model BZ yang rencananya akan diluncurkan Toyota hingga tahun 2025.

Menilik harganya, Toyota BZ4X Indonesia ini akan jadi salah satu SUV listrik yang mewah.

Lalu, seperti apa review Toyota BZ4X dari segi: spesifikasi, performa, desain, dan fitur mobil listrik ini? Simak ulasannya.

Spesifikasi

Turun di kelas Electric Crossover SUV, BZ4X mengandalkan mesin AC Synchronous Electric Generator. Mesin ini ditanam dalam platform sasis e-TNGA alias Toyota New Global Architecture khusus untuk mobil listrik.

Di jepang, BZ4X hadir dalam 2 varian, FWD & AWD. Akan tetapi, di Indonesia hanya hadir versi FWD saja yang memberikan output motor 150 kW atau 204 PS.

Torsinya tergolong mumpuni dengan tembus angka 266,3 Nm. Meski demikian, angka ini masih di bawah kompetitornya, Lexus UX300e atau Hyundai Ioniq 5 sekalipun.

Di sisi lain, spesifikasi Toyota BZ4X lebih unggul pada sisi baterai. Kapasitasnya mencapai 71 kWh, termasuk yang tertinggi untuk mobil listrik di Indonesia. Dengan kapasitas tersebut, range Toyota BZ4X mampu menempuh hingga 510 km dalam pengisian penuh.

Sebagai perbandingan, bahkan Lexus UX300e maupun Hyundai Ioniq 5 masih berada di kisaran 50-an kWh.

Selain itu, charging time-nya bisa tembus 30 menit untuk kapasitas 80% dengan menggunakan sumber DC 150 kW.

Spesifikasi

BZ4X

Tipe mesin

AC Synchronous Electric Generator

Penggerak roda

FWD

Daya maksimum

204 PS

Torsi maksimum

266,3 Nm

Kapasitas baterai

71,4 kWh (375-510 km)

Charging time

30 minutes (80% using DC 150 kW)

Performa

Sebagai mobil listrik, performa Toyota BZ4X sangat mumpuni. Baik catatan akselerasi maupun top speed-nya tergolong impresif.

Meski data resmi dari Toyota memperlihatkan akselerasi 0-100 km/jam di angka 8,3 detik, pada pengujian justru lebih mencengangkan. Torsi instan BZ4X mampu membuatnya tembus 7,5 detik!

Adapun top speed-nya mampu Anda pacu hingga 160 km/jam. Angka ini tentu sudah cukup untuk memuaskan adrenalin Anda, terutama jika Anda tidak memacunya di jalur khusus.

Tak hanya itu, konsumsi listriknya pun bisa sangat irit. Angkanya mulai dari 5,2 hingga 7,1 km per kWh, tergantung gaya berkendara Anda.

Performa

BZ4X

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

7,5-8,3

Top Speed (km/jam)

160

Konsumsi listrik (km/kWh)

6,6

Desain Eksterior

Eksterior Toyota BZ4X mengusung konsep futuristik khas mobil listrik dan aerodinamis ala SUV.

Fasad depan minimalis, sekilas mengingatkan pada Hyundai Ioniq. Akan tetapi, karakter BZ4X lebih agresif dengan aksen trapezoid di segala sisi.

Molding yang khas ini mengesankan BZ4X sebagai mobil yang canggih dari masa depan.

Desain bumper depan dan spoiler grill menyerupai kepala palu, tampak unik khas electric vehicle Toyota.

Sementara itu, roof spoiler di bagian belakang juga unik karena terbelah di tengah, tidak menyatu seperti layaknya SUV lainnya. Desain ini dianggap dapat mengoptimalkan aerodinamis dari mobil listrik ini.

Di bawah, velg alloy 18” menjadi poin menarik. Sementara di bagian atas, panoramic sunroof yang lebar kian menambah kesan sporty dan cozy.

Desain Interior

Keseluruhan interior Toyota BZ4X menampilkan kesan futuristik dan mewah.

Dasbornya tampak premium dengan tampilan minimalis, tapi berbalut kecanggihan teknologi.

Head unit BZ4X begitu lebar dengan ukuran 12,3” serta memiliki konektivitas yang baik dengan smartphone. Antar mukanya sudah Human Machine yang canggih layaknya tablet pintar.

Kemudi dan joknya terasa mewah dengan balutan leather premium. Sementara itu, di balik kemudi, layar MID canggih kian memanjakan pengemudi dengan info yang beragam.

Ruang kabin terasa lapang dengan dimensi BZ4X yang cukup luas. Kurang lebih sebanding dengan dimensi Hyundai Ioniq 5. Selain itu, fitur tambahan wireless charging juga layak mendapat perhatian.

Dimensi

BZ4X

P x L x T (mm)

4.690 x 1.850 x 1.600

Jarak Poros Roda (mm)

2.850

Fitur Keselamatan

Toyota BZ4X memiliki lebih dari 20 fitur keamanan yang memudahkan pengendalian dan menjaga keselamatan penumpang.

Sebagai SUV listrik premium, fitur keselamatan Toyota BZ4X terbilang lengkap, bahkan sudah ada Toyota Safety Sense.

Fitur standarnya ada EBC plus Hill Assist dan Stability Control. Sementara fitur canggihnya ada Blind Spot Monitor, Rear Camera & Traffic Alert, Sonar, Safe Exit, Panoramic monitor dan Parking Support Brake.

Adapun fitur pasifnya ada 6 SRS Airbag, Isofix & Child Protector, serta Door Auto Lock with Speed.

Selain itu, ada pula sistem peringatan untuk tier pressure, seat belt, fuel level, brake, security, light remind, hingga washer fluid dan sistem anti maling.

Harga

Harga Toyota BZ4X Indonesia tergolong tinggi, tembus di atas Rp1 miliar, tepatnya Rp1,190 M.

Ini wajar saja mengingat kompetitornya Lexus UX300e juga di atas Rp1 M. Begitu juga dengan Hyundai Ioniq 5 yang berada di kisaran Rp800 jutaan.

Mau mendapatkan promo menarik? Booking saja melalui MUF Online Auto Show (MOAS) di WA 0821-11824010. Atur jadwal test drive Anda langsung dan siapkan diri untuk menjajal keunggulan dari Toyota BZ4X Indonesia.

< Kembali