NEWS

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid vs. Wuling Almaz Hybrid

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid vs. Wuling Almaz Hybrid Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid vs. Wuling Almaz Hybrid

Antara Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid vs Wuling Almaz Hybrid memang bukan saingan sebenarnya, karena satunya SUV murni, satunya lagi crossover.

Akan tetapi, membandingkan kedua mobil ini cukup menarik karena berada di kisaran harga yang tak jauh beda, terlebih keduanya sama-sama menggunakan mesin hybrid.

Lantas, mana yang lebih worth it antara Innova vs Wuling Almaz Hybrid ini? Simak komparasi keduanya dari sisi:

  • Spesifikasi dan performa mesin,
  • Keunggulan desain masing-masing mobil hybrid, serta
  • Fitur kenyamanan dan keselamatan yang tersemat.

Baca ulasannya sampai akhir.

Spesifikasi Mesin

Innova Zenix Hybrid memiliki mesin bensin yang lebih unggul, tapi daya dan torsi mesin listriknya sedikit di bawah Almaz Hybrid.

Meski berbeda jenis mobil, baik Wuling Almaz Hybrid maupun Kijang Innova Zenix Hybrid menggunakan mesin bensin yang berkubikasi setara, yaitu 2.000cc.

Spesifikasi Toyota Innova Zenix Hybrid menggunakan mesin bensin tipe DOHC, dengan 4 silinder inline, serta teknologi bukaan katup dual VVT-i khas Toyota. Di sisi lain, Wuling menyematkan mesin 4 silinder inline dengan model siklus Atkinson pada Almaz Hybrid.

Untuk keluaran, mesin bensin Innova Zenix sedikit lebih unggul dengan daya maksimum 152 hp dan torsi 187 Nm. Sementara itu, Almaz Hybrid terpaut sedikit dengan daya 123 hp dan torsi maksimum 168 Nm.

Spesifikasi

Innova Zenix Hybrid

Almaz Hybrid

Tipe Mesin

DOHC, 4 silinder inline, 16 katup, serta Dual VVT-i

4 silinder inline, N/A, Atkinson cycle

Kubikasi

1.987 cc

1.999 cc

Daya Maksimum

152 hp/6.000 rpm

123 hp/5.600 rpm

Torsi Maksimum

187 Nm/4.400-5.200 rpm

168 Nm/4.000-4.400 rpm

Untuk mesin listrik, keduanya menggunakan tipe synchronous motor. Akan tetapi, milik Almaz Hybrid justru bisa memberikan keluaran yang lebih besar dengan daya maksimum 172 hp dan torsi 320 Nm.

Sebaliknya, Innova Zenix Hybrid justru sedikit tertinggal di sini. Daya maksimum mesin listriknya hanya 113 hp dengan torsi 205 Nm.

 

Spesifikasi

Innova Zenix Hybrid

Almaz Hybrid

Tipe Mesin

AC Synchronous Electric Generator

Permanent Magnet Synchronous Motor

Kapasitas baterai

1,31 kWh

1,8 kWh

Daya Maksimum

113 hp

174 hp

Torsi Maksimum

205 Nm

320 Nm

Walau demikian, hal ini sebenarnya sudah sesuai fungsi. Almaz Hybrid sebagai SUV murni tentu membutuhkan torsi besar daripada Innova Zenix Hybrid yang merupakan MPV crossover.

Performa

Wuling Almaz Hybrid sedikit lebih unggul dari Innova Zenix Hybrid di segi performa, tapi bedanya tak terlalu signifikan.

Melihat dari spesifikasinya, tampaknya Almaz Hybrid akan sedikit lebih unggul dengan perbedaan torsi hingga di atas 100 Nm dan daya di atas 50 hp. Dalam pengujian, meski memang sedikit unggul, tapi perbedaannya tak terlalu signifikan.

Akselerasi 0-100 km/jam Almaz Hybrid sangat menakjubkan dengan mencatatkan angka 9,5 detik. Meski demikian, angka ini hanya terpaut sedikit dari Innova Zenix Hybrid yang ada di kisaran 10-11 detik.

Demikian juga dengan konsumsi BBM, keduanya tembus di atas 21 km/liter, walaupun banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan, termasuk kemacetan dan gaya berkendara.

Performa

Innova Zenix Hybrid

Almaz Hybrid

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

10-11

9,5

Konsumsi BBM (km/liter)

21-23

21,7

Kapasitas tangki (liter)

52

52

Soal impresi berkendara, keduanya terbilang setara. Torsi instan langsung bangkit dan menarik mobil tanpa hambatan.

Begitu juga saat masuk kecepatan tinggi, perpindahan mode dari mesin listrik ke bensin atau kedua mesin, terasa halus dan tanpa sentakan.

Innova Zenix Hybrid memiliki 4 mode berkendara: EV, Eco, Normal, dan Power. Adapun Almaz Hybrid memiliki 3 mode: EV, Series Hybrid, dan Hybrid Paralel.

Desain Eksterior

Eksterior Wuling Almaz vs Innova Hybrid sama-sama mengusung ciri khas SUV yang sporty dan tangguh.

Fasad depan Innova Zenix Hybrid terlihat garang dengan desain grill trapezoid yang tinggi serta LED headlamp berlekuk di bagian luar. Almaz Hybrid juga tak kalah dengan bentuk grill V-motion serta LED headlamp yang menyipit.

Di sisi samping, sementara moulding Innova Zenix Hybrid terkesan lebih dinamis, Almaz Hybrid justru memberikan desain yang lebih kaku, menonjolkan identitas SUV-nya.

Kedua mobil sama-sama menggunakan velg 18” (varian tertinggi), serta memiliki panoramic sunroof. Selain itu, masing-masing punya ornamen khas yang menunjukkan identitasnya sebagai mobil hybrid dari Wuling vs Toyota.

Desain Interior

Interior Innova Zenix Hybrid dan Almaz Hybrid sama-sama memberikan kesan canggih, sporty, dan mewah.

Bagian dasbor sama-sama memancarkan kesan mewah dan canggih, tapi Almaz Hybrid tampak lebih simpel dengan desain yang clean. Di sisi lain, Innova Zenix Hybrid terlihat ramai dengan tombol multifungsi serta electric gear yang besar.

Head unit kedua mobil berukuran sama 10” serta sudah dilengkapi dengan MID TFT. Masing-masing memiliki dukungan konektivitas dengan smartphone. Innova Zenix dengan T-inTouch dan Almaz Hybrid dengan My Wuling. Untuk hal ini, fitur tersebut dapat dibilang setara.

Kedua interior mobil sama-sama berbalut material leather yang mewah. Sementara Innova Zenix menggunakan warna hitam yang elegan, Almaz Hybrid justru memilih warna warm beige yang hangat.

Sebagai MPV, Innova Zenix memiliki dimensi yang lebih panjang, sedangkan sebagai SUV, Almaz Hybrid lebih tinggi. Meski demikian, keduanya mampu memuat 7-8 orang.

Dimensi

Innova Zenix Hybrid

Almaz Hybrid

P x L x T (mm)

4.755 x 1.810 x 1.795

4.655 x 1.835 x 1.760

Ground Clearance (mm)

185

230

Jarak Poros Roda (mm)

2.850

2.750

Untuk kenyamanan penumpang, Innova Zenix Hybrid menyertakan dual rearset entertainment yang mampu terkoneksi dengan internet. Selain itu, ada juga fitur wireless charging, serta buka-tutup pintu belakang dengan suara.

Adapun Almaz Hybrid sudah memiliki fitur WIND alias instruksi dengan suara yang terkenal itu, serta IoV, Wuling remote control app.

Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan keduanya sama-sama canggih dan lengkap. Untuk Almaz Hybrid, hanya ada 1 varian dan sudah menyediakan ADAS (Advance Driver Assistance System) dengan total 12 fitur canggih.

Di sisi lain, Innova Zenix Hybrid juga sudah memiliki TSS (Toyota Safety Sense). Sayangnya, fitur tersebut hanya ada di varian atas. Varian G dan V masih belum ada.

Selain itu, fitur keselamatan dan keamanan lain relatif sama. Hanya saja, Almaz Hybrid cuma memiliki dual SRS airbag, sedangkan Innova Zenix sesuai varian, ada yang 2 hingga 6 SRS airbag.

Harga

Dari ulasan di atas, tampak bahwa meski kedua mobil memiliki kesamaan, tapi ada perbedaan sesuai jenis masing-masing.

Sebagai MPV Crossover, Toyota Kijang Innova Hybrid tentu memberikan prioritas lebih pada kenyamanan penumpang. Sementara itu, sebagai SUV, Almaz Hybrid tentu lebih menekankan pada sisi performa dan sensasi berkendara.

Harga Toyota Kijang Innova Hybrid mulai dari Rp500 jutaan untuk varian terendah. Adapun harga Almaz Hybrid sekitar Rp400 jutaan.

Mau SUV murni atau MPV Cross? Kembali pada Anda.

Apa pun pilihan Anda antara Toyota Kijang Innova Hybrid vs Wuling Almaz Hybrid, pastikan untuk memesan melalui MOAS (MUF Online Auto Show). Chat WA 0821-1182-4010 untuk proses yang cepat dan syarat yang mudah.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit kredit mobil Toyota dan kredit mobil Wuling yang disajikan MOAS.

< Kembali