NEWS

Gaikindo Jakarta Autoweek 2023: Ajang Kolaborasi Gaya Hidup Otomotif

Gaikindo Jakarta Autoweek 2023: Ajang Kolaborasi Gaya Hidup Otomotif Gaikindo Jakarta Autoweek 2023: Ajang Kolaborasi Gaya Hidup Otomotif

Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) kembali menggelar event tahunan Jakarta Autoweek 2023. Bekerja sama dengan Mandiri Utama Finance (MUF), pameran mobil 2023 kali ini mengusung kolaborasi automotive X lifestyle sebagai konsep barunya.

Dari temanya saja, jelas bahwa Jakarta Autoweek tahun ini bukan sekadar pameran otomotif biasa. Akan ada banyak acara lifestyle dan entertainment yang ikut memeriahkan event ini.

Di sini, Anda bisa menemukan informasi lengkap tentang:

  • Apa keistimewaan Jakarta Autoweek tahun ini?
  • Event pelengkap apa saja di JAW 2023 ini?
  • Merek otomotif mana saja yang akan hadir pada event tahun ini?
  • Deretan kendaraan terbaru yang akan dipamerkan dan keunikan serta keunggulan masing-masing..

Simak infonya sampai akhir.

GJAW x Lifestyle 2023: Bertabur Promo dan Acara Hiburan

Konsep baru Gaikindo Jakarta Autoweek 2023 menjanjikan impresi yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tak hanya bertabur promo dan bonus langsung, ada berbagai acara seru yang ikut meramaikan event ini.

Berbeda dengan event triwulan akhir GIIAS yang mengedepankan pemeran teknologi otomotif terbaru, GJAW merupakan ajang jualan para pabrikan. Artinya, promo dan bonusnya bakal jor-joran di event ini.

Dengan dukungan MUF sebagai official multifinance partner, akan ada berbagai penawaran spesial yang bisa Anda manfaatkan untuk membawa pulang kendaraan idaman. Mulai dari fasilitas instant approval, bunga super ringan, hingga promo/bonus on the spot, bakal memanjakan pengalaman pembelian Anda.

Tak hanya itu, Anda juga sekaligus dapat menikmati acara “sampingan”-nya. Live music, fashion show, automotive art installation, modification contest, JAW talks, dan community gathering yang juga akan menyuguhkan lifestyle experience yang mengesankan.

15 Pabrikan Otomotif Ternama

Event yang berlangsung selama 10 hari dari tanggal 10-19 Maret 2023 ini akan melibatkan 15 pabrikan otomotif ternama. Denah JAW 2023 menggunakan seluruh area Jakarta Convention Center.

Hall A akan menjadi lokasi pameran bagi KIA, Suzuki, dan Mitsubishi. Sementara itu,  ada 5 brand yang akan membuka booth di hall B, yaitu: Hyundai, Honda, Toyota, Lexus dan Daihatsu.

Adapun hall Cendrawasih akan diisi oleh Citroen, Wuling, Nissan, dan MG. Sedangkan area assembly akan menjadi showroom bagi Mazda, Subaru, Chery, Mercedes Benz, BMW dan Porsche.

Mobil Terbaru 2023 dan Terlaris 2022

Menjadi salah satu ajang promosi otomotif terbesar di Indonesia, Jakarta Autoweek 2023 bakal menawarkan berbagai mobil dari beragam pabrikan.

Tercatat ada 130 jenis unit yang siap untuk melantai di event ini. Di antaranya, ada yang baru keluar di 2023 serta yang jadi mobil terlaris sepanjang 2022.

Mobil apa saja yang kira-kira bakal hadir di GJAW 2023?

KIA Sonet

KIA merupakan salah satu brand otomotif yang terkenal memberikan fitur di atas rata-rata pada mobilnya. Pabrikan mobil asal negeri ginseng ini kemungkinan akan membawa KIA Sonet yang merupakan SUV KIA terlaris sepanjang 2022.

Untuk kelas new entry, performa mesin Smartstream Gama II dengan daya maksimum 115 PS tergolong unggulan. Transmisinya sudah pakai IVT dan punya 3 mode terrain, serta 3 mode berkendara.

Lebih lagi, fiturnya sudah ada cruise control, wireless charging, smart key remote, BOSE premium speaker  synchronized with mood lights, serta rear parking sensor. Untuk SUV kelas harga Rp200 jutaan, fiturnya tergolong paling unggul.

Cek review lengkap KIA Sonet.

KIA Sorento

KIA Sorento hampir pasti bakal hadir pada ekshibisi Jakarta Autoweek 2023 ini. Generasi keempat SUV crossover ini dibekali dengan mesin baru hybrid electric Smartstream G1.6 dengan Turbocharge engine dan motor listrik 44 kW.

Tenaganya tergolong jempolan di kelas SUV crossover, 230 PS dan torsi 350 Nm.  Baterai 14 kWh menopang mobil hybrid ini.

Untuk comfortability, ada head unit 12,3”, speaker BOSE premium 12 unit, dan sunroof. Sedangkan untuk safety, ada around view monitor dan blind spot detection yang sudah pasti.

Selain Sorento, KIA juga mungkin bakal membawa serta KIA Nero EV dan KIA EV6 GT-Line. Kedua mobil listrik murni (electric vehicle) ini hadir juga sebelumnya di IIMS Februari lalu.

Suzuki Espresso

City car ini juga sebelumnya hadir di ajang IIMS 2023 lalu, dan kemungkinan akan hadir kembali pada JAW ini.

Desain Suzuki Espresso yang unik dan segar masih tetap sama, hanya saja ada sentuhan pembaruan di sisi mesin, interior, dan fitur.

Mesinnya kini lebih hemat energi, tapi tenaganya turun tipis, dari 68 PS ke 65 PS dan dari 90 Nm ke 89 Nm. Interiornya ada head unit yang tambah lebar dari 6,8” ke 7”, audio steering switch, serta headrest yang terpisah.

Untuk fitur, kini sudah ada electronic stability programme (ESP), electric spion, engine auto stop, bluetooth phone, dan sederet fitur lain. Overall, city car rasa SUV ini jadi makin menggoda.

Cek review lengkap Suzuki Espresso di sini.

Suzuki Grand Vitara

Awal tahun ini, Suzuki juga meluncurkan Grand Vitara generasi kelima. Berbekal mesin mild hybrid, keluaran tenaga mencapai 103 PS dan 136 Nm dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Interiornya makin nyaman dengan AC auto, wireless charging, USB port 2-3 row, head up display, ambient light, dan panoramic sunroof. Fiturnya juga tergolong mewah dengan cruise control dan paddle shift serta head unit 9” dan MID digital.

Safety lengkap. ESP, hill hold control, side impact door beams, pedal release system, isofix, dan banyak lagi lainnya.

Ada 2 versi, Grand Vitara GX dengan fitur lengkap dan GL dengan fitur agak di bawahnya. Keduanya memiliki kisaran harga Rp300 jutaan.

Suzuki Tour S

Kehadiran Suzuki Tour S bakal ditunggu-tunggu di GJAW 2023. Pasalnya, mobil ini baru launching beberapa waktu lalu di India.

Sedan harga Rp100 jutaan ini sudah pakai Electronic Stability Program (ESP), rangka HEARTECT dan isofix. Jadi, soal safety bakal sangat aman.

Eksteriornya terlihat impresif dengan konsep natural, sedangkan interiornya cukup nyaman dengan auto door lock dan soket daya.

Dengan konsumsi BBM 23 km/liter dan harga terjangkau, Suzuki Tour S bakal menarik perhatian banyak generasi Z sebagai mobil pertamanya.

Mitsubishi XFC Concept

MItsubishi kemungkinan akan membawa memperkenalkan kembali mobil small compact ini pada JAW menjelang produksi di tahun 2023 ini.

Dengan konsep desain eksterior silky & solid, interior compact & spacious, serta performa smart & quality comfort, diperkirakan mobil ini bakal menarik perhatian publik.

Mesinnya bakal menggunakan mi-EV. Tampilannya luar dalam terlihat canggih dan futuristik. Kemudian, ada teknologi mode terrain “Wet” yang baru dan diformulasikan khusus untuk pasar ASEAN.

Belum ada bocoran harga resminya. Tapi, jika menilik targetnya di kelas compact SUV, maka kisaran harga Mitsubishi XFC Concept di atas Rp300 jutaan hingga Rp400 jutaan.

Hyundai Creta Black Edition

Pabrikan asal Korea Selatan ini kemungkinan akan membawa kembali Hyundai Creta Black Edition setelah sebelumnya hadir di IIMS. Mobil ini bakal jadi terobosan karena sudah menyematkan fitur Bluelink pada SUV Rp300 jutaan.

Secara mesin, desain eksterior maupun interior memang tidak berbeda dari tipe Hyundai Creta lainnya, hanya lebih hitam dan elegan. Tapi, fiturnya terasa sekali makin istimewa.

Fitur Bluelink membuat Anda mampu mengontrol engine start, AC, pintu, lampu hingga klakson dari jarak jauh. Selain itu, Anda juga bisa memantau lokasi, kecepatan, status kesehatan mobil, hingga mengirim SOS otomatis minta bantuan darurat.

Datang langsung untuk merasakan sendiri keunggulan mobil pintar ini!

Hyundai Stargazer Prime

Fitur Bluelink bakal jadi andalan Hyundai di pameran JAW 2023. Mobil-mobil Hyundai keluaran terbaru bakal menyematkan fitur ini, seperti Casper, Palisade, dan Stargazer.

Khusus Hyundai Stargazer, dari built awal saja sudah di atas rata-rata kompetitor. Daya 115 PS dan torsi 143 Nm memberikan akselerasi 12 detik untuk 0-100 km/jam, mengalahkan banyak MPV lainnya.

Fiturnya sudah ada Hyundai Smart Sense, plus sekarang tambah Bluelink. Jadi, soal safety, convenience, car health, dan security, bakal makin sempurna. Anda bisa monitor dan kontrol mobil pintar ini dari jarak jauh.

Cek saja review lengkap Hyundai Stargazer.

Hyundai Staria x Lombardi

Hyundai tampaknya bakal memamerkan kembali MPV sultan ini ke publik setelah sebelumnya hadir di IIMS 2023 lalu. Kemewahan interior mobil hasil kerja sama Hyundai & Lombardi ini memang tak henti mengundang decak kagum.

Dinding VIP wall, partisi kaca gerak dengan magic window system, plus smart TV HD dengan control panel. Tambah ambient light dan audio premium subwoofer 10” dari Zapco menjadikan kabin senyaman kamar bintang 5.

Belum lagi joknya yang  10 power ways, heated & fan cooled, serta mendukung 6 point massage dan lumbar support. Tak ada istilah pegal di perjalanan.

Mesin dan eksterior sama dengan versi Hyundai Staria lain, tapi kemewahan fitur dan interiornya jelas beda kelas. Kunjungi GJAW di JCC untuk merasakannya sendiri.

Toyota Corolla Cross Hybrid GR-Sport

Compact SUV premium andalan Toyota ini akhirnya muncul versi GR-Sportnya di IIMS lalu. Dapat desain kemudi dan kaki-kaki baru, tampilannya makin sporty dan berkelas.

Emblem GR-Sport tersemat di beberapa bagian eksterior dan interior. Mulai dari tombol Start Stop, headrest, hingga floor mat.

Untuk keselamatan, sudah tersemat fitur Toyota Safety Sense dan T-inTouch. Adapun untuk kenyamanan, ada air purifier, wireless charging, 9” head unit, hingga video recorder bawaan.

Bermesin hybrid EV dengan desain sporty dan kaya fitur, Toyota Corolla Cross Hybrid GR-Sport wajib Anda kunjungi di GJAW 2023.

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

All New Kijang Innova Zenix Hybrid membuka gerbang baru di kelas MPV. Tak hanya dari teknologi mesinnya yang Hybrid EV, desainnya pun cross ke SUV.

Moncong depan tinggi dengan model cheetah nose dan ornamen modelista pada bumper, spoiler, dan moulding memberikan kesan sporty khas SUV.

Sementara itu, bagian interior makin berkelas dengan 10” head unit, captain seat, dan dual set rear entertainment 10”.

Fiturnya juga sangat mumpuni dengan kehadiran Toyota Safety Sense, plus power back door voice command. Varian tertinggi ini bakal mewakili keluarga Kijang Innova yang termasuk paling laris sepanjang 2022.

All New Toyota Agya

City car yang bisa dibilang kembaran Daihatsu Ayla ini tidak jadi launching di IIMS. Mungkin saja Toyota akan memamerkannya di ajang Jakarta Autoweek nanti.

Jika jadi, tentu saja kehadirannya bakal menarik perhatian kaum urban. Pasalnya, kemungkinan New Agya akan muncul dalam 2 varian power train: 1.000cc dengan turbocharger dan 1.200cc dengan NA (naturally aspirated).

Selain itu, fitur safety tambahan seperti electronic brake system, hill assist, dan stability control bakal tersemat di All New Agya. Tunggu saja apakah Toyota akan membawanya ke ajang JAW 2023 ini.

Honda Brio RS Urbanite Edition

Tak membawa kabar tentang mobil baru, Honda bakal mengusung Honda Brio. Hatchback andalan Honda ini sedang sangat populer, penjualannya mencatat rekor terlaris sepanjang 2022 lalu, mengalahkan mobil sejuta umat, Avanza..

Desainnya stylish dan sporty, dengan entertainment 6,2” touch screen audio with Bluetooth & HFT. Sangat cocok untuk jiwa muda maupun keluarga kecil di perkotaan.

Varian tertinggi, Brio RS Urbanite Edition, punya desain emblem, wheels, dan spoiler yang elegan. Wajib lihat langsung di Jakarta Auto Week 2023, siapa tahu cocok untuk jiwa muda Anda.

Honda All New WR-V

All New WR-V dari Honda resmi launching tahun 2023 ini. Crossover kelas 1.500cc dengan daya maksimal 121 PS dan torsi 145 Nm.

Semua tipe sudah punya remote engine start, multi angle view rear camera parking, front & side airbags, serta keyless entry. Ada pula Brake Override System, termasuk untuk stability dan hill assist.

Varian tertinggi sudah ada Walk Away Auto Lock, Honda Sensing, dan Honda LaneWatch(™). Dengan fitur canggih dan tenaga mumpuni, Honda WR-V diperkirakan bakal jadi favorit anak muda millenial.

Tidak percaya? Datang ke JCC dan buktikan sendiri daya tarik SUV ini.

Lexus RX

Brand SUV medium mewah ini akhirnya mengaspal di Indonesia. Ada 3 varian dengan fitur dan desain serupa, tapi punya sistem powertrain yang berbeda.

Varian Lexus RX 350 Luxury bermesin bensin dengan turbocharger, punya tenaga sampai 205 kW dan torsi 405 Nm. Akselerasi 0-100 hanya butuh 7,9 detik dan konsumsi BBM 9,1 liter/100 km.

Kemudian, ada, Lexus RX 350h Luxury bermesin hybrid EV, dengan daya 140 kW dan torsi 239 Nm. Akselerasinya beda tipis dari yang pertama, tapi iritnya sampai 2 kali lipat.

Terakhir, Lexus RX 450h Luxury, bermesin Plug-in hybrid EV, dengan daya 136 kW dan torsi 227 Nm.  Akselerasi 0-100 hanya butuh 6,5 detik dan konsumsi BBM-nya tembus 1,3 liter untuk 100 km.

Untuk kemewahannya, lebih baik saksikan sendiri SUV mewah seharga mulai Rp1,6 miliar ini di GJAW 2023.

Chery Omoda 5

Menyusul Wuling Alvez, Chery Omoda 5 juga bakal jadi perusak hegemoni Honda HR-V di pasar SUV crossover 1.500cc. Mobil dari pabrikan asal China ini mengandalkan kelebihan yang sama dengan Alvez, yaitu boleh kalah di tenaga tapi yang penting kaya fitur kaya.

Konsep futuristik pada eksterior dengan sudut tajam, serta interior dengan fitur canggih jadi andalan Omoda 5. Terlebih layar super lebar 20” sudah mengusung teknologi Intelligent Voice Control dan ada wireless charging.

Meski sama-sama bermesin Turbo, tenaga Omoda 5 kalah tipis dari HR-V: yaitu 145 vs 175 hp, dan 235 Nm vs 240 Nm. Tapi soal safety features sama-sama punya Honda Sensing vs ADAS.

Selain itu, selisih harga varian tertinggi mencapai Rp130 jutaan. Jadi bisa saja konsumen di kelas ini melirik pilihan baru, terutama para kawula muda.

All New Daihatsu Ayla

All New Daihatsu All New Ayla 2023 sebelumnya gagal melantai di IIMS Februari lalu. Bukan tidak mungkin Daihatsu bakal menggunakan momen Jakarta Autoweek 2023 untuk launching.

Seri LCGC 1.200 cc dari Daihatsu ini memang ditunggu-tunggu. Pasalnya, sudah lama belum ada penyegaran sejak 2020.

Kabarnya, city car ini memiliki peningkatan performa hingga 15% dan keiritan BBM hingga 10%. Ini berkat penggunaan mesin baru WA-VE dan transmisi D-CVT.

Fiturnya juga sudah ada keyless & start stop engine, Hill Assist (HA) serta Vehicle Stability Control (VSC). Mengenai kisaran harganya masih rahasia, yang jelas bakal sangat bersaing di kelas LCGC city car.

Daihatsu Sigra

Sigra memang belum ada versi baru, tapi Daihatsu tampaknya akan membawanya ke JAW 2023 ini.

Pasalnya, Daihatsu Sigra menjadi mobil terlaris dari pabrikan Daihatsu sepanjang 2022. Penjualannya mencapai 47.066 unit atau mengambil porsi 24,9% dari seluruh penjualan Daihatsu.

Tersedia 2 varian power train, yaitu mesin 1L dan 1,2L. Untuk fitur, sudah ada ABS dan EBD, plus rear parking camera & sensors.

MPV ini sangat cocok sebagai mobil pertama keluarga. Harganya sangat terjangkau dengan fitur keselamatan cukup mumpuni. Anda bisa mendapatkan promo khusus jika melakukan pembelian selama Jakarta Autoweek 2023 berlangsung.

Citroën C5 Aircross

Setelah kembali ke Indonesia sejak 28 tahun lalu, Citroën, pabrikan asal Prancis ini langsung melepas 3 jenis mobil. Di antaranya ada SUV premium comfort: C5 Aircross.

Bermesin bensin Turbo PureTech 1.6L, C5 Aircross cukup brutal dengan tenaga 165 hp dan torsi 240 Nm. Desainnya dinamis dengan tampilan eksterior yang unik dan interior yang super nyaman.

Head unit 10” with smartphone connectivity menjadi sistem infotainment yang menyenangkan. Desain seat menyesuaikan lekuk badan, nyaman dan fleksibel. Ada panoramic sunroof yang lebar pula.

Cek sendiri kenyamanan dan fiturnya langsung di JCC nanti.

Citroën E-C4

Meramaikan euforia kendaraan listrik, Citroën kemungkinan juga akan membawa tipe E-C4, electric vehicle ke JAW 2023 ini.

SUV crossover ini memiliki daya maksimal 136 hp dan baterai 50 kWh. Akselerasi instan 0-100 km/jam dalam 9,7 detik. Kira-kira bisa jelajah 350 km dalam sekali pengisian penuh.

Khas Citroën, kenyamanan jadi hal paling berkesan. Mulai dari desain kabin, seats, suspensi, hingga teknologi, semua mengutamakan kenyamanan penumpang.

Fiturnya sudah tingkat advanced. Dari adaptive cruise control, connected navigation, connected play, hingga heads up display, bakal terasa seperti Anda mengendarai mobil masa depan.

Jangan lupa mengeceknya sendiri di Jakarta Autoweek ini.

Wuling Alvez

Pabrikan yang kerap menjadi penghancur harga pasar ini kembali merilis mobil baru di 2023 ini, Wuling Alvez. SUV ini akan bersaing dengan HR-V dan Hyundai Creta di kelas compact SUV 1.500cc.

Bukan hanya dari sisi harga, fitur bawaannya pun mengesankan. Varian tertinggi, Alvez EX, sudah mengusung teknologi terkini Wuling: ADAS, WIND, dan IoV. Itu pun harganya masih di kisaran Rp200 juta-an.

Alvez EX juga sudah punya sunroof, walau agak kecil. Daya maupun torsinya juga relatif lebih kecil dari kompetitor.

Meski demikian, dengan perbedaan harga antara Rp100 jutaan hingga Rp200 jutaan dengan kompetitor, jelas bakal jadi persaingan sengit di kelas compact SUV 1.5L ini.

Wuling Air ev

Raja mobil listrik terlaris sepanjang 2022 ini kemungkinan bakal mengisi booth Wuling di Gaikindo Jakarta Autoweek 2023 ini. Dengan penjualan hingga 8.053 unit, Wuling Air EV  akan tetap jadi andalan Wuling untuk menggaet pelanggan.

Ada 2 tipe, yaitu dengan baterai 17,3 kWh berjarak tempuh 200 km dan baterai 26,7 kWh berjarak tempuh 300 km. Keduanya memiliki 4 seats serta harga di kisaran Rp200 jutaan.

Fiturnya cukup canggih, terutama varian tertingginya. Sudah ada Wuling Indonesian Command (Wind) dan IoT. Fitur keselamatannya juga ada ABS+EBD, electronic stability control, rear parking sensor, serta dual SRS airbag.

Untuk lengkapnya, cek review Wuling Air EV berikut.

Nissan New Terra

SUV medium ini sudah pasti bakal mengaspal di Indonesia 2023. Jakarta Autoweek 2023 akan menjadi momen launching resmi SUV bertenaga besar ini.

Mesin barunya menggunakan twin turbo 2,3L bertenaga diesel sehingga memberikan daya 190 hp dan torsi 450 Nm. Desainnya agresif dan gagah dengan grill V-motion dan ground clearance 225 mm.

Untuk kenyamanan, ada BOSE audio system, dan power kick sensor. Fitur keselamatan sudah mengusung ADAS (Advanced Driver Assistance System). Selain itu, ada juga fitur 3600 camera view dengan Intelligent around view monitor.

Datangi JAW 2023 dan jadilah barisan pertama yang mencoba Nissan New Terra ini.

BMW 320i Sport

Brand legendaris ini menghadirkan tipe baru pada BMW 3 Series, yaitu sedan premium yang sporty: BMW 320i Sport.

Mesinnya masih mengandalkan Twin Turbo 2.0L, 4 silinder, berbahan bakar bensin, yang memberikan daya 184 PS dan torsi 300 Nm. Transmisi bertipe Steptronic 8-kecepatan yang tuasnya kini terletak di konsol tengah.

Eksterior makin sporty dan modern dengan velg 19” alloy dan grill ginjal khas BMW. Interiornya juga makin canggih dengan Live Cockpit Professional berbentuk curved display. Ada kombinasi head unit 12,3” dan screen 14,9” yang jadi 1 panel.

Mercedes-Benz EQS SUV

Brand premium ini tak ketinggalan membawa 19 mobil baru ke Indonesia pada 2023 ini. Di antara yang kemungkinan bakal hadir di Jakarta Autoweek adalah Mercedes-Benz EQS SUV.

SUV mewah ini bakal menjadi perwujudan sempurna dari konsep luxury, elektrifikasi, digitalisasi, dan sustainability dari Mercedes Benz.

Eksteriornya tampak bold dengan garis seamless yang tampak mewah, bahkan saat Anda membawanya off-road. Baterainya memiliki daya 107,8 kWh yang mampu menempuh hingga 770 km perjalanan.

MBUX Hyperscreen membentang sepanjang dasbor dari kiri ke kanan. Di belakang, terdapat dual set rear entertainment 11,6” dan layar panel di arm rest. Seat lumbar support, climate control, panoramic sunroof makin menyempurnakan kenyamanan.

Selain mobil-mobil yang telah disebutkan di atas, akan ada puluhan unit mobil lainnya yang pastinya menarik untuk Anda. Manfaatkan Mandiri Utama Finance sebagai official leasing partner untuk mendapatkan mobil idaman Anda.

Temukan info terbaru mengenai GJAW 2023 di Facebook dan Instagram MUF Online Autoshow.

Jangan lupa kosongkan jadwal Anda sepanjang 10-19 Maret 2023 untuk menghadiri Gaikindo Jakarta Autoweek 2023 di JCC. Puaskan rasa penasaran Anda pada mobil-mobil terbaru dari brand otomotif ternama dan nikmati acara lifestyle dan entertainment yang seru dan meriah.

< Kembali